Tips Atasi Mood Swing Di Awal Kehamilan

84 views Leave a comment
Tips Atasi Mood Swing Di Awal Kehamilan

Dailymoslem – Selain berakibat pada fisik, perubahan hormon pada masa kehamilan pun sangat berpengaruh pada mood. Ya, tak jarang wanita yang sedang hamil juga mengalami perubahan mood yang sangat drastis, sehingga kadang mempengaruhi hubungan dengan orang-orang disekitarnya.

Sebenarnya, mood swing tersebut juga dikarenakan oleh kekhawatiran yang berlebih. Misalnya, kekhawatiran saat memikirkan persalinan. Apakah bisa lahir normal atau tidak, bagaimana biayanya dan lain sebagainya.

Hal ini memang wajar dialami oleh wanita hamil, namu tidak berarti mood swing ini harus diikuti sehingga hari-hari di awal kehamilan menjadi sesuatu yang menyebalkan dan menguras hati. Nah, untuk mengatasi permasalahan mood swing saat hamil berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Banyak membaca mengenai kehamilan

Mengalami kehamilan pertama memang membuat hati sangat senang. Namun karena menjadi pengalaman pertama, kehamilan tersebut juga menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Apalagi di awal-awal masa kehamilan banyak sekali hal baru yang terasa. Seperti mual yang tak kunjung hilang dan lain sebagainya. Tambah informasi dengan sumber yang dapat dipertanggung jawabkan, dengan begitu kekhawatiran akan berkurang dengan sendirinya.

Banyak bersosialisasi dengan ibu-ibu hamil lain

Berbicang denga sesama wanita hamil, setidaknya dapat saling sharing tentang apa yang dirasakan. Dengan begitu, beban yang mungkin tadinya dipendam sendiri akan berkurang dengan mendengar pengalaman ibu hamil lainnya.

Salurkan emosi dengan cara yang postif

Emosi yang selalu timbul dan pergi memang sulit untuk dihindari. Oleh karena itu, mengikuti senam hamil atau yoga hamil bisa menjadi salah satu solusi agar emosi tersebut dapat dilampiaskan dengan caa yang positif.

Percaya bahwa suami dan keluarga akan selalu membantu

Mood swing tersebut juga bisa ditimbulkan karena takut tidak mendapatkan perhatian dari suami atau keluarga. Pikiran buruk seperti itu hanya akan memperburuk mood dan akhirnya bayi dalam kandungan pun bisa merasakan dampaknya. Oleh karena itu, percayakan diri bahwa suami dan keluarga akan selalu ada untuk memberikan dukungan yang baik.

Baca juga:

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil

Beberapa Tips yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Trimester Pertama

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Ibu Hamil

(Visited 48 times, 1 visits today)