Tips Aman Mudik Lewat Tol Cipali

854 views
tol cipali

Dailymoslem – Mudik sudah ada didepan mata, tak lama lagi jalanan antar daerah akan jauh lebih padat dari biasanya. Sudah dapat dipastikan jika kemacetan parah akan terjadi dimana-mana. Contohnya saja, jumlah pemudik yang melewati Pantura Utara pda tahun lalu terhitung sebanyak 48% dari total pemudik 28 juta orang. Hal ini menyebabkan pengendara dan kendaraan harus benar-benar dalam kondisi super fit.

Kehadiran Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada tahun ini, membawa angin segar pada para pemudik khususnya yang akan berpergian ke daerah Jawa Tengan atau Jawa timur. Pasalnya, Tol Cipali ini disebut-sebut akan mengurangi kepadatan jalur Pantura Utara hingga 40%.

Sayangnya dari catatan Polda Jabar, hingga Juni 2015 sudah terjadi 30 kecelakaan di Tol Cipali. Bahkan pada Senin, (6/7) kemarin terjadi kecelakaan tragis di kilometer 178 yang menewaskan enam orang.

Deddy Mizwar, Wakil Gubernur Jawa Barat yang telah beberapa kali menggunakan fasilitas Tol Cipali ini mengatakan bawa jalanan sepanjang 116,75 KM itu sangatlah nyaman, Bahkan lebih baik dibandingkan dengan Tol Cipularang. Tapi karena jalannya lurus, sehingga para pengemudi terpacu untuk membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi. Selain itu, karena bisa dibilang tak ada tantangannya (jalannya hanya lurus) pengemudi juga menjadi cepat bosan dan lelah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda akan menggunakan Tol Cipali ini adalah sebagai berikut:

Cek Kendaraan

Pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima. Service kendaraan sebelum keberangkatan. Bawa peralatan kendaraan yang mungkin diperlukan. Selain itu, ban serep pun sebaiknya disediakan untuk megantisipasi ban bocor ditengah perjalanan.

Kondisi Fisik

Selain kendaraan yang harus dalam kondisi prima, fisik pengemudi pun harus dalam keadaan sehat. jangan bergadang sebelum melakukan perjalanan. Makan dan minum yang cukup saat sahur dan berbuka dan tidur diawal waktu.

Jika selama perjalanan Anda mengalami kelelahan, ada delapan rest area yang tersebar setiap 30 KM dan dapat digunakan sebagai tempat untuk memulihkan tenaga. Empat dari delapan rest area tersebut sudah dilengkapi dengan SPBU, sehingga Anda dapat mengisi kembali bahan bakar kendaraan.

Setidaknya, istirahatlah pada rest area  di KM 102 untuk menyegarkan kebali kondisi tubuh pengendara dan penumpang lainnya.

Taati Seluruh Peraturan Lalu Lintas

Kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali selama ini, disinyalir murni karena human error. Mematuhi segala peraturan lalu lintas adalah salah satu cara untuk menghindari kecelakaan. Misalnya, menggunakan safety belt, perhatikan jumlah maksimum penumpang dan yang paling penting bijaksanalah dalam memacu kecepatan kendaraan.

melajulah dengan kecepatan maximum 100km/jam. Jangan ngebut! Tol Cipali hanya dibuat dengan dua jalur dengan 1 lajur untuk keadaan darurat dan sempit. Gunakan selalu lajur kanan untuk melewati kendaraan lain.

Saat berkendara dimalam hari, pastikan untuk tidak terlalu cepat memacu kendaraan. Penerangan yang masih minim dan hewan liar yang sering melintas di daerah rawan menjadi salah satu bahaya yang harus Anda perhatikan.

Daerah rawan hewan liar membentang antara KM 83 hingga KM 142 sehingga berhati-hatilah memacu kendaraan di area tersebut. Waspadai hempasan angin yang akan mengganggu kestabilan kendaraan Anda, ini bisa dihindari dengan tidak memcau kendaraan dengan tidak terlalu cepat.

Jika Sesuatu Hal Yang Tidak Diinginkan  Terjadi

Meski sudah di cek berkali-kali, ban pecah atau kebocoran radiator bisa terjadi kapan saja. Jika hal tersebut Anda alami. Segera pinggirkan mobil di jalur darurat dan segera hubungi nomor (0260) 7600.600 dan tetaplah tenang, karena setiap 10 KM akan ada satu mobil patrol yang disiagakan.

Selain itu, meskipun kecelakaan sangat tidak diinginkan namun ada beberapa rumah sakit terdekat yang tersedia di sekitar Tol Cipali.

Jangan Lupa Bedoa dan Pasrahkan Segalanya Pada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Segala yang terjadi dimuka jagat raya ini adalah karena izin Allah. Maka, jangan lupa meminta kepada-Nya agar kita selalu diberikan keselamatan hingga mencapai tujuan.

Sekian tips aman untuk mudik melewati jalur Tol Cipali. Semoga mudik kali ini dapat dilaksanakan dengan aman dan nyaman serta minim kecelakaan.

Selamat mengunjungi kampung halaman dan mohon maaf lahir batin.

(Visited 1,412 times, 1 visits today)