Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

719 views
Beli Rumah Hanya Dengan Gaji Rp 3 Juta Sebulan, Bisakah?

Dailymoslem – Menjelang Lebaran, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan unik yang terus berulang dari tahun ke tahun, yaitu mudik. Para perantau di berbagai daerah tentu ingin menghabiskan momen penting di Hari Raya Idul Fitri bersama sanak keluarga di kampung halaman.

Salah satu masalah yang biasanya timbul saat mudik adalah rumah yang kena maling karena ditinggal mudik, juga masalah lain yang terjadi karena kecerobohan saat meninggalkan rumah untuk mudik, misalnya kebakarn.

Agar hal-hal tersebut tidak terjadi pada rumah anda saat mudik, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

Titipkan Barang Berharga

Jika anda punya tetangga atau saudara di sekitar rumah yang kebetulan tidak mudik, anda bisa menitipkan barang berharga pada mereka. Bisa juga dengan menitipkannya pada pegadaian agar lebih aman.

Selain dititipkan, bisa juga dengan menyimpan semua barang berharga dalam satu kamar kemudian menguncinya rapat-rapat.

(Baca juga: Agar Koper Tak Berantakan Saat Mudik, Coba Tips Packing Berikut Ini)

Kunci Semua Akses Masuk

Sebelum berangkat, pastikan semua akses masuk ke rumah sudah tertutup. Mulai dari pintu, jendela, atau mungkin langit-langit. Jika perlu, tutupi lagi jendela yang sudah terkunci dengan lemari atau kursi. Pastikan juga anda sudah mereparasi kunci yang tidak berfungsi dengan baik.

Cabut Semua Peralatan Listrik

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran, pastikan anda mencabut semua peralatan listrik, sehingga tidak ada alat elektronik yang bekerja selama rumah anda ditinggal mudik kecuali lampu.

Pastikan Kompor Gas Dalam Keadaan “Aman”

Selain listrik, penyebab kebakaran lainnya juga adalah kompor gas. Saat akan mudik, usahakan untuk tidak terburu-buru dan pastikan kompor gas sudah dalam keadaan aman.

Laporkan Kepergian Anda Pada RT dan RW

Dengan melaporkan kegergian pada RT dan RW, rumah anda akan ada dalam pengawasan oleh petugas ronda. Jadi, pastikna komunikasikan segala sesuatunya pada tetangg dan petugas RT, ya!

(Baca juga: Haruskah Tetap Puasa Saat Mudik?)

Nyalakan Lampu

Anda juga bisa menyalakan lampu untuk mengecoh si calon maling. Nyalakan lampu-lampu yang biasa anda nyalakan saat ada di rumah sehingga maling akan menyangka di rumah tersebut masih ada orang. Jika ada tetangga atau saudara yang tidak mudik, anda bisa minta bantuan untuk menyalakan dan mematikan saklar utama setiap pagi dan sore. Lampu yang menyala sepanjang hari juga akan menjadi tanda bagi si maling bahwa di rumah tersebut tidak ada orang.

Kelabui “Calon Maling” dengan sandal

Jika meninggalkan rumah atau kamar kost untuk mudik, anda juga bisa mengelabui maling dengan cara menaruh sandal di depan pintu seperti yang biasa anda lakukan saat ada di rumah. Dengan begitu, maling akan menyangka bahwa di rumah tersebut ada orang.

Nah, itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat mudik.

Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri!

(Visited 1,633 times, 1 visits today)