Tips Agar Baterai Ponsel Lebih Tahan Lama

87 views Leave a comment
Tips Agar Baterai Ponsel Lebih Tahan Lama

Dailymoslem – Ponsel sudah menjadi barang yang akan dibawa kemanapun seseorang pergi. Mulai dari kantor, taman hiburan hingga kamar mandi. Selain mempermudah untuk berinteraksi dan saling bertukar informasi dengan seseorang, ponsel juga dapat memberikan berbagai hiburan.

Sayangnya, semakin sering kamu gunakan semakin mudah baterainya habis. Ditambah lagi cara mengisi baterai yang sembrono. Agar baterai ponsel dapat bertahan lama tanpa mengalami kembung atau cepat habis, berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan.

Jangan biarkan charger terus tersambung ketika baterai sudah penuh

Kebanyakan orang terbiasa mengisi baterai posel menjelang tidur dan mencabut charger pada pagi hari. Hal ini malah akan menyebabkan baterai ponsel lebih cepat rusak. Jadi, sebaiknya segera cabut baterai ponsel ketika sudah terisi penuh.

Lebih baik lepaskan charge sebelum baterai terisi 100%

Baterry University mengatakan bahwa baterai Li-ion tidak memerlukan pengisian penuh. Ini malah mempermudah kita untuk tidak meninggalkan ponsel yang di charge hingga semalaman. Lepaskan charge jika baterai sudah terisi sekitar 80% kemudian matikan atau ganti ke mode terbang atau hanya matikan data selularnya saja.

Charge lebih sering

Selama ini kita menghindari men-charge ponsel terlalu sering karena khawatir hal tersebut akan merusak baterai. Namun Batteray University ternyata menyarankan untuk lebih sering men-charge ponsel dibanding mengisinya dalam keadaan benar-benar kosong. Sebaiknya charge ponsel sebelum mencapai 10%.

Jaga agar tetap dingin

Baterai ponsel memang cukup sensitive terhadap panas. Jadi jangan biarkan terpapar panas terlalu lama. Jika ponsel mengalami over-heat ketika di-charge, coba lepaskan casing dan simpan di lantai dingin atau permukaan dingin lainnya serta hindari menyimpan ponsel yang di-charge di atas selimut atau kasur.

Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga:

Sering Gunakan Smartphone, Bisa Bikin Bodoh

Dampak Smartphone Bagi Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

5 Gangguan Otak yang Bisa Terjadi Pada Anak Karena Terlalu Banyak Main Gadget

Ini Yang Terjadi Ketika Radiasi Handphone Disatukan

(Visited 190 times, 1 visits today)