Tips Agar Anak Mau Sekolah Tanpa Harus Ditunggui

1319 views
pertama masuk sekolah

Dailymoslem – Masuk kedalam masa-masa awal sekolah seperti ini biasanya banyak sekali ibu yang repot dengan tingkah anaknya. Banyak sekali anak yang tak rewel bahkan tak mau ditinggal saat dirinya sekolah.

Sebenarnya, hal itu wajar terjadi. Karena untuknya bersekolah adalah pengalaman baru untuk dirinya. Apalagi ada anak yang lambat beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang baru. Tapi, jika hal tersebut berlangsung lama pasti akan merepotkan dan membuat khawatir. Apalagi jika sang ibu bekerja.

Nah berikut ini beberapa tips membuat anak bisa mandiri bersekolah sehingga tidak harus ditunggui lagi.

Jangan langsung melakukan tindakan cepat, pelan-pelan saja

Beberapa orang tua mungkin nekad melakukan tindakan yang cepat, seperti tiba-tiba meninggalkannya saat pelajaran berlangsung di minggu-minggu pertama. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan untuk semua anak. Ada beberapa anak yang cenderung sulit lepas dari ibunya, sehingga butuh kesabaran lebih.

Buatlah tahap untuk membuatnya mandiri. Misalnya di minggu pertama Anda menemaninya di dalam kelas, minggu kedua di depan pintu dan kemudian menjauh hingga anak bisa menghadapi lingkungannya sendiri.

Bekerja sama dengan pihak sekolah

Hal ini juga harus dilakukan jika anak sangat sulit untuk dilepaskan. Mintalah pihak sekolah untuk membuat cara agar anak bisa dilepas. Misalnya dengan membuat acara seru saat masuk kelas, atau beri pengertian untuk tidak ditemani orang tua.

Iming-imingi dengan hadiah

Cara ini bisa jadi jitu. Ada anak yang akan termotivasi untuk melakukan sesuatu jika mendapatkan hadiah yang diinginkannya. Tapi, jangan kaget jika anak tidak mempan diberi hadiah dan masih tetap ingin ditemani. Sabar dan terus berikan pengertian.

Motivasi dengan berbagai cerita

Imajinasi anak sungguh luar biasa. Dengan bercerita tentang kehebatan seorang anak yang rajin belajar dan bisa sekolah tanpa harus ditunggi orang tuanya mungkin akan memotivasinya untuk berlaku seperti itu juga.

 

(Visited 731 times, 1 visits today)