Terus Menguat, Rupiah Diprediksi Akan Mencapai Rp. 12.500 Per Dollar AS

126 views Leave a comment
Terus Menguat, Rupiah Diprediksi Akan Mencapai Rp. 12.500 Per Dollar AS

Dailymoslem – Beberapa waktu lalu, nilai tukar Rupiah terhadan Dollar AS menunjukkan kemajuan yang berarti. Setelah menguat selama tiga hari berturut-turut menjadi Rp. 13.500 per Dollar AS, kini Rupiah diprediksi akan terus menguat hingga angka 12.500 per Dollar AS.

‎”Ini belum berhenti (penguatan), saya yakin itu akan berada di bawah 13 ribu per dolar AS, sekitar 12.500 ribuan. Ini akan bertahan lama, mencapai keseimbangan yang lebih stabil, bahkan bisa di bawah 12.500 per dolarnya,” kata Guru Besar Ilmu Ekonomi dan Politik Universitas Nasional (Unas), Yuddy Chrisnandi, Senin (12/10/2015).

Faktor yang menyebabkan menguatnya nilai Rupiah ini memang diawali dengan meredanya sentimen global, sehingga the Fed sepertinya akan menunda kenaikan suku bunga, dengan mempertimbangkan berbagai indikator AS yang belum menunjukkan angka positif yang stabil.

Selain itu, menurut Yuddy faktor lain menguatnya Rupiah adalah adanya paket kebijaka paket pemerintah yang sampai saat ini sudah dikeluarkan hingga jilid III. Paket kebijakan pemerintah tersebut dapat menambah kepercayaan investor untuk menanam modal di Indonesia. Bahkan paket kebijakan tersebut rencananya akan terus dikeluarkan hingga jilid IV, sebagaimana dilansir dari liputan6.com.

“Tapi untuk mencapai di bawah 12.500 per dolar AS itu butuh waktu beberapa minggu lagi, 3-4 minggu kira-kira,” tambah Yuddy.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada para spekulan untuk segera melepas cadangan dollar mereka sebelum nantinya spekulan tersebut akan mengalami kerugian.

Sebagai Guru Besar Unas, Yuddy juga mengapresiasi langkah yang dilakukan Bank Indonesia untuk‎ meningkatkan pasokan valuta asing dalam negeri sehingga berdampak pada penguatan rupiah.

(Visited 150 times, 1 visits today)