Tersebar Himbauan Untuk Tidak Menggunakan Tagar PrayForJakarta

79 views Leave a comment
Tersebar Himbauan Untuk Tidak Menggunakan Tagar PrayForJakarta

Dailymoslem – Setelah kejadian ledakan enam bom yang mengguncang Jakarta, banyak sekali kabar simpang siur beredar melalui pesan berantai. Diantaranya adalah kabar mengenai sasaran ledakan selanjutnya yang membuat masyarakat khawatir.

Kekhawatiran, kecemasan serta duka karena ledakan ini kemudian tercurah melalui tagar PrayForJakarta yang langsung menjadi trending topik dunia di twitter. Namun, sebagian orang menganggap hal ini sebaiknya tidak dilakukan mengingat ada akibat lain yang dapat muncul dari tindakan tersebut.

Sebuah pesan berantai pun kemudian mulai menyebar. Di dalamnya berisikan himbauan untuk tidak menggunakan tagar tersebut dikarenakan akibat fatal yang dapat terjadi seperti investor menjadi cemas dan akhirnya menarik kembali investasi yang dilakukannya, uang  beredar kemudian meningkat karena masyarakat enggan menyimpan uangnya di bank (saving), suku bunga pinjaman meningkat, kredit gagal bayar, rupiah melemah, inflasi dan akhirnya krisis.

Meskipun akibat tersebut baru sekedar kemungkinan, namun ternyata kemungkinan tersebut terbukti benar. Mengutip data Bloomberg, Kamis (14/1/2016), rupiah dibuka melemah 22 poin ke level 13.857 per dolar AS dari penutupan perdagangan Rabu 13 Januari 2016 di level 13.835 per dolar AS.

Pada pukul 10.50, rupiah langsung tertekan ke level 13.910 per dolar AS. Padahal sebelumnya pukul 10.35, rupiah masih bergerak di kisaran 13.837 per dolar AS. Sepanjang Kamis siang ini di level 13.829-13.910 per dolar AS.

Dikutip dari liputan6, analis PT Bank Woori Saudara Indonesia Tbk, Rully Nova menuturkan sentimen internal mendominasi pelemahan nilai tukar rupiah pada siang ini.Ada ledakan bom terjadi di pusat kota Jakarta, Rully menilai hal itu dapat mempengaruhi persepsi pelaku pasar terhadap situasi politik dan keamanan di Indonesia.

Baca juga:

Bom Jakarta Jadi Pengalihan Isu Batas AKhir PT. Freeport Tawarkan Divestasi?

Pasca Terror, Masyarakat Saling Sebarkan Info Lokasi-Lokasi Aman Di Jakarta

Kronologi Peristiwa Teror Enam Ledakan dan Baku Tembak di Sarinah

6 Ledakan Bom Guncang Jakarta

(Visited 356 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS