Ternyata Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Akan Bahayakan Tubuh

136 views Leave a comment
Ternyata Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Akan Bahayakan Tubuh

Dailymoslem – Salah satu vitamin yang paling dianjurkan dikonsumsi agar membantu menyegarkan tubuh adalah Vitamin C. Jika flu menyerang, minum kita mengonsumsi vitamin C agar cepat sembuh. Begitu juga jika mulai tidak enak badan atau kelelahan.

Tahukah kamu bahwa terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C malah akan berakibat buruk bagi tubuh lebih buruk lagi, vitamin C tersebut akan berubah menjadi racun dalam tubuh. Mau tau masalah apa yang akan didapatkan oleh tubuh saat terlalu banyak asupan vitamin C?

Tubuh Akan Mengalami Masalah Pencernaan

Segala sesuatu yang berleihan memang tidak baik. Begitupun juka terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C. Tubuh akan mulai mengalami diare, buang air besar yang terlampau lancar dan muntah-muntah tak terkendali.

Jika hal itu berlangsung lama, bahaya lain juga akan dihadapi tubuh. Dehidrasi, kelelahan hingga turunnya tekanan darah bahkan kematian.

Hemokromatosis

Vitamin C membantu tubuh lebih cepat menyerap zat besi. Nah, jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin C maka tubuh akan terus menyerap zat besi maka kemungkinan besar akan mengidap hemokromatosis atau suatu kondisi yang disababkan karena kelebihan zat besi. Hemokromatosis ini akan mempengaruhi hati, jantung dan pancreas.

Dengan kata lain, meskipun sebenarnya vitamin C tidak menyebabkan hemokromatis secara langsung namun ia kan memperburuk kondisi tubuh.

Batu Ginjal

Vitamin yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi zat yang disebut oksalat. Beberapa oksalat akan dikeluarkan melalui urin, namun jika tingkat oksalat tinggi akan menyebabkan pembentukan deposit yang dikenal sebagai batu binjal.

Ngeri juga kan jika terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C. lagi-lagi Al-Quran benar, berabad-abad yang lalu sudah dituliskan bahwa umat manusia dilarang minum dan makan secara berlebihan. Allah berfirman:

“Makan dan minumlah kalian, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al A’raaf : 31)

(Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Menjadi Sumber Kolagen Alami)

(Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit yang Belang Karena Terbakar Matahari)

(Baca Juga:5 Manfaat Minum Air Lemon untuk Kesehatan)

 

(Visited 126 times, 1 visits today)