Ternyata Makanan Ini Bisa Sebabkan Penyakit Jantung, Stroke dan Diabetes

96 views Leave a comment
Ternyata Makanan Ini Bisa Sebabkan Penyakit Jantung, Stroke dan Diabetes

Dailymoslem – Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea Selatan mengungkap jenis makanan yang dapat memberi risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes yang paling besar, seperti dilansir dari tribunnews.com.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa para wanita Korea Selatan yang lebih sering mengonsumsi mie instan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami sindrom metabolik, meskipun mereka mengonsumsi banyak makanan sehat lainnya dan juga melakukan berbagai olahraga.

Pada penelitian yang dilakukan pada 11.000 orang dewasa di Korea Selatan dengan rentang usia 19-64 tahun ini, peserta diminta untuk melaporkan makanan apa saja yang mereka konsumsi. Kemudian, peserta dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu mereka yang makan makanan tradisional dan mereka yang makan makanan siap saji.

Selain itu, para peneliti juga mencatat seberapa sering para peserta mengonsumsi mie instan setiap minggunya.

Penderita sindrom metabolik biasanya memiliki kadar gula darah yang tinggi atau tekanan darah tinggi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan natrium dan lemak jenuh tidak sehat yang sangat tingi dalam mie instan, sehingga makanan ini memiliki indeks glikemik yang tinggi. Semakin tinggi kadar glikemik, semakin besar juga pengaruhnya terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan seperti mie instan memang diolah secara khusus agar dapat disimpan dalam waktu lama dan disajikan dengan cepat. Untuk dapat disimpan dalam waktu lama, makanan olahan biasanya mengandung banyak gula dan garam.

Anda masih bisa mengonsumsi mie instan dalam jangka waktu dan porsi yang wajar. Artinya, jangan mengonsumsinya setiap hari dan batasi banyaknya mie instan yang dikonsumsi setiap kali makan. Satu bungkus mie instan dalam seminggu adalah jumlah yang aman.

(Visited 223 times, 1 visits today)