Ternyata Hujan Besar Beberapa Hari Ini Diakibatkan Oleh 3 Fenomena Alam Sekaligus

5527 views Leave a comment
Ternyata Hujan Besar Beberapa Hari Ini Diakibatkan Oleh 3 Fenomena Alam Sekaligus

Dailymoslem – Merasa ada yang aneh dengan hujan hari ini? Hujan lebat yang ditandai awan sangat gelap dari pagi tadi ini memang sudah di ramalkan oleh pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Namun ternyata hujan lebat yang mengguyur Indonesia hari ini disebabkan oleh tiga fenomena alam yang unik.

Dilansir dari liputan6, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto mengungkapkan bahwa sejak Jumat (3/3) lalu telah terindentifikasi adanya pusat tekanan rendah di laut Arafuru yang kemudian tumbuh menjadi fenomena alam Siklon Tropis Blance di perairan sebelah barat Darwin, Australia. Inilah yang menurut Yunus mengakibatkan dampak meningkatnya curah hujan di kawasan Indonesia.

Selain adanya siklon tropis Blance, curah hujan yang tinggi hari ini juga diakibatkan oleh fenomena atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) yang sedang melintasi Sumatera. MJO sendiri merupakan fenomena yang memang mengaikbatkan curah hujan semakin tinggi di daerah yang melewatinya.

Curah hujan juga akan diperparah dengan adanya seruakan udara kering dari perairan sebelah barat Australia. Menurut Yunus, ketiga fenomena alam ini mengakibatkan potensi hujan lebat yang disertai petir atau hujan ringan namun berangsur lama.

Dengan adanya fenomena ini, Yunus menghimabu masyarakat Indonesia untuk berhati-hati akan dampak yang ditimbulkan hujan besar seperti banjir, longsor, banjir bandang dan lain-lain.

Baca juga:

Musim Hujan Tiba, Sebaiknya Kamu Hindari Jenis Makanan Ini Agar Tetap Sehat

Tips Agar Tidak Terserang Flu Di Musim Hujan

(Visited 1 times, 1 visits today)