Terbukti Secara Ilmiah, Berdzikir Ternyata Menyehatkan Otak

164 views Leave a comment
bacaan dzikir yang disukai ALlah SWT

Dailymoslem – Sebagai umat Muslim, kita memiliki suatu ibadah yang bisa kita kerjakan kapanpun, dimanapun, dalam kondisi apapun, bahkan sambil melakukan aktivitas lainnya, yaitu ibadah dzikir.

Lafadz-lafadz dzikir yang bisa kita ucapkan adalah kalimat-kalimat tahmid (Alhamdulillah), takbir (Allahu Akbar), tasbih (Subhanallah), tahlil (laa ilaaha ilallah) dan istighfar (Astaghrifullah). Kalimat-kalimat ini biasanya dibaca secara berulang-ulang hingga sebanyak 33 kali untuk setiap kalimatnya. Beberapa orang berdzikir dengan menggunakan tasbih atau juga dengan hitungan buku jari tangan.

Nah, ibadah dzikir ini ternyata terbukti secara ilmiah merupakan suatu latihan otak yang dapat menyehatkan dan mencerdaskan otak, hal ini berdasarkan penelitian laboratorium yang dimuat dalam majalah Scientific American, edisi Desember 1993.

Dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Washington ini dilakukan melalui tes pemindaian PET yang mengukur kadar aktivitas otak manusia secara tidak sadar.

Para sukarelawan diberikan satu daftar kata benda dan diharuskan membaca setiap kata tersebut satu persatu dan menghubungkan dengan kata-kata kerja yang terkait. Saat para sukarelawan melakukan hal tersebut, beberapa bagian berbeda dalam otak menunjukkan peningkatan aktivitas saraf, termasuk di bagian depan otak dan korteks.

Dan jika para sukarelawan ini mengulangi daftar akta yang sama berulang-ulang kali, aktivitas saraf orak merebak pada kawasan lain dan mengaktifkan kawasan saraf lain.

Saat para responden siberikan daftar kata baru dan mengulangi hal yang sama seperti sebelumnya, aktivitas saraf kembali meningkat di daerah pertama. Kesiumpulannya, mengucapkan kata atau frasa yang diulang-ulang seperti berdzikir dapat meningkatkan kebugaran otak dan meningkatkan kemampuan otak.

Subbhanallah. Sesungguhnya semua yang diperintahkan Allah untuk kita jalani di dunia adalah untuk kebaikan kita sendiri.

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan tenteram hati mereka dengan zikrullah, ketahuilah hanya dengan mengingat Allah itu, hati menjadi tenteram.” (Ar-Ra’d, ayat 28)

(Visited 541 times, 1 visits today)