Terbukti! Cara Ini Bisa Buat Daya Ingat Anak Lebih Tajam

109 views Leave a comment
smart-kids

Dailymoslem – Seperti yang kita ketahui, anak-anak memiliki daya ingat yang lebi baik dibandingkan orang dewasa. Sayangnya, mereka masih belum paham mengenai kelebihan yang dimiliki sehingga tidak dapat memaksimalkannya.

Ketika anak-anak bermasalah dengan ingatannya, misalnya sulit pelajaran, jangan dulu panik. Bisa jadi metode pembelajaran yang diterima tidak cocok dengan dirinya. Untuk mengatasinya, cobalah beberapa tips berikut ini.

Ajaklah untuk bercerita

Saat anak diketahui memiliki kesulitan mengingat pelajaran, coba aja bicara. Cari tahu bagaimana cara gurunya mengajar. Dari penuturannya, Anda akan mendapatkan gambaran metode belajar apa yang pas untuknya.

Melakukan pengulangan

Semakin sering diulang, sebuah pelajaran dapat terus diingat oleh seorang anak. Mintalah anak untuk terus mengulang yang sudah dipelajarinya. Bisa dengan menjaukan pertanyaan atau membuat tebak-tebakan.

Belajar melalui visual

Kebanyakan anak lebih mudah mengingat jika dihubungkan dengan gambar. Anda dapat memita anak untuk menggambar lingkungan di sekitarnya dan menjelaskan satu persatu apa yang telah digambarnya. Dengan begitu, anak dapat mudah menghapal nama dari benda-benda disekitarnya.

Menghubungkan emosi untuk mengingat informasi

Hal ini bisa dilakukan saat mengingat letak-letak geografis dunia. Cobalah minta anak untuk membayangkan saat berjalan-jalan ke mesir atau paris untuk menghafalkan icon-icon terkenal di dunia.

Menuliskan rumus matematika

Semakin sering menuliskan sebuah rumus dan turunannya, maka otak anak akan mudah untuk mengingatnya dan mengetahui fungsi dari rumus-rumus tersebut. Coba minta anak untuk menuliskan rumus tersebut dengan crayon yang berwarna-warni.

Baca juga:

Percayakah Bahwa Susunan Jari Telunjuk Dapat Menggambarkan Kepribadian Seseorang?

Pentingnya Fase Oral dalam Pertumbuhan Anak yang Bisa Sebabkan Keterlambatan Kemampuan Bicara dan Makan

7 Tips Mendidik Anak Secara Islami

4 Hal yang Tidak Perlu Diketahui Anak

(Visited 142 times, 1 visits today)