Tegas, Pemerintah Kota Depok Larang Siswa Dan Siswi Rayakan Valentine

77 views Leave a comment
Tegas, Pemerintah Kota Depok Larang Siswa Dan Siswi Rayakan Valentine

Dailymoslem – Ada satu perayaan yang ditunggu-tunggu oleh para pasangan di bulan Februari ini.  Perayaan yang dianggap sebagai waktu yang tepat untuk mengungkapkan kasih sayang dengan memberi coklat atau bunga. Sayangnya perayaan yang berasal dari negara barat ini, seringkali diselewengkan untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Jika dilihat dari sudut pandang Islam, merayakan hari kasih sayang atau valentine sangat tidak dianjurkan. Hal ini tentu saja karena valentine bukanlah budaya yang berasal dari agama Islam dan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah bersabda bahwa,

Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk bagian dari mereka” (HR Abu Dawud, hasan)

Ditambah lagi dengan fakta bahwa perayaan ini malah dijadikan alasan untuk melakukan hal tidak senonoh dengan pasangan. Sehingga perlu adanya peraturan khusus untuk menindak hal ini.

Menanggapi hal ini, Dinas Pendidikan Kota Depok menyebarkan surat himbauan kepada orang tua murid agar bersama-sama mencegah para siswa dan siswi merayakan valentine pada 14 Februari mendatang. Bernomor 421/454-set.um, himbauan tersebut disebarkan ke seluruh sekolah di Depok mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Surat tersebut berisikan perihal ketahanan keluarga dan kasih sayang yang terdiri dari dua poin inti dan ditanda tangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Herry Pansila, M.Sc. Berikut kutipan dari surat himbaun Dinas Pendidikan Kota Depok tersebut.

Dalam upaya mewujudkan Sumber Daya Manusia yang religious dan berdaya saing di Kota Depok serta mempersiapkan generasi terbaik yang berbudi pekerti di masa depan, bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

1. Mengisi kegiatan-kegiatan positif yang sesuai dengan nilai-nilai budaya ketimuran negara Indonesia dan menghindari kegiatan valentine day.

2. Menghimbau kepada orangtua atau wali murid untuk mengajak putra dan putrinya melakukan kegiatan bersama baik di rumah maupun di luar rumah, seperti rekreasi bersama untuk meningkatkan harmonisasi dan ketahanan keluarga.

Demikian disampaikan untuk ditindaklanjuti dengan penuh tanggung jawab.

Dengan adanya surat himbauan ini, pemerintah Kota Depok berharap para siswa dan siswinya tidak terlibat perayaan hari kasih sayang pada 14 Februari mendatang.

 

Baca Juga:

Valentine = Festival Cinta Kaum Pagan

Bolehkah Umat Muslim Merayakan Valentine?

(Visited 60 times, 1 visits today)