Tatacara Melaksanakan Puasa Syawal

528 views
puasa syawal

Dailymoslem – Meski bulan Ramadhan telah berakhir, masih ada lagi ibadah yang memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri di bulan Syawal ini, yaitu puasa Syawal.

Puasa Syawal adalah puasa yang dilakukan di bulan Syawal, menyambung dari puasa Ramadhan. Puasa Syawal juga memiliki keutamaan yang luar biasa karena jika kita melaksanakan puasa Syawal selama 6 hari maka sama dengan melakukan puasa selama satu tahun penuh.

Berikut tatacara melaksanakan puasa Syawal.

Dilakukan Sebanyak Enam Hari

Adapun jumlah puasa yang dilakukan di bulan Syawal adalah sebanyak enam hari, sebagaimana hadist mengatakan:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164).

Lebih Diutamakan Dilaksanakan Sehari Setelah Idul Fitri

Puasa Syawal sebaiknya langsung dilaksanakan sehari setelah Idul Fitri, atau di Lebaran hari kedua dalam budaya masyarakat kita.

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Para fuqoha berkata bahwa yang lebih utama, enam hari di atas dilakukan setelah Idul Fithri (1 Syawal) secara langsung. Ini menunjukkan bersegera dalam melakukan kebaikan.” (Syarhul Mumti’, 6: 465).

Namun, jika diakhirkan pun tidak apa-apa asalkan masih dilaksanakan di bulan Syawal. Apalagi bagi kita yang memiliki hutang puasa karena haid atau sakit, maka harus diutamakan untuk membayar hutang puasa sebelum melaksanakan puasa Syawal.

(Baca juga: Mana yang Harus Didahulukan, Puasa Syawal atau Puasa Qadha’?)

Lebih Diutamakan Dilakukan Secara Berurutan

Hal lain yang menjadi soal dalam menjalankan puasa Syawal juga adalah waktu pelaksanaannya yang dilakukan berurutan atau tidak. Syaikh Ibnu ‘Utsaimin berpendapat bahwa sebaiknya puasa Syawal dilakukan secara berurutan karena hal tersebut menjadi tanda bahwa kita berlomba-lomba dalam hal yang diperintahkan.

Usahakan Menunaikan Puasa Qadha’ Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan ibadah puasa Syawal sebanyak enam hari, sebaiknya kita menyelesaikan dulu qadha’ puasa tersebut mengingat puasa qadha’ tersebut masuk ke dalam puasa Ramadhan yang hukumnya wajib. Hendaknya kita mengutamakan yang wajib terlebih dulu sebelum melakukan yang sunnah.

Itulah beberapa tatacara untuk melaksanakan puasa Syawal. Semoga kita selalu ada dalam lindungan-Nya dan termasuk ke dalam golongan yang berlomba melakukan kebaikan di jalan-Nya. Aamiin.

(Visited 468 times, 1 visits today)