Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadr Menurut Rasulullah

1135 views
malam lailatul qadr

Dailymoslem – Ada sebuah karunia besar terjadi di bulan Ramadhan, yaitu turunya Al-Quran sebagai sebuah petunjuk kehidupan seorang muslim. Al-Quran yang menjadi mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam yang dapat kita lihat, baca dan pelajari hingga sekarang. Allah berfirman:

Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi kami. Sesungguhnya kami adalah yang mengutus rasul-rasul.” (QS. Ad Dukhan : 3 – 5)

Malam itu dinamakan malam Lailatul Qadr, karena pada malam itu para malaikat diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menuliskan ketetapan tentang kebaikan, rezeki dan keberkahan yang terjadi di tahun ini.

Lailatul Qadr sendiri dipercayai terjadi pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Ini merujuk pada sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Al Qurthubi mengatakan bahwa pada malam itu pula para malaikat turun dari setiap langit dan dari sidrotul muntaha ke bumi dan mengaminkan doa-doa yang diucapkan manusia hingga terbit fajar. Para malaikat dan jibril as turun dengan membawa rahmat atas perintah Allah swt juga membawa setiap urusan yang telah ditentukan dan ditetapkan Allah di tahun itu hingga yang akan datang. Lailatul Qodr adalah malam kesejahteraan dan kebaikan seluruhnya tanpa ada keburukan hingga terbit fajar, sebagaimana firman-Nya :

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qodr : 4 – 5)

Beberapa tanda Lailatur Qadr merujuk pada sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

  1. Sabda Rasulullah saw,”Lailatul qadr adalah malam yang cerah, tidak panas dan tidak dingin, matahari pada hari itu bersinar kemerahan lemah.” Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah yang dishahihkan oleh Al Bani.
  2. Sabda Rasulullah saw,”Sesungguhnya aku diperlihatkan lailatul qodr lalu aku dilupakan, ia ada di sepuluh malam terakhir. Malam itu cerah, tidak panas dan tidak dingin bagaikan bulan menyingkap bintang-bintang. Tidaklah keluar setannya hingga terbit fajarnya.” (HR. Ibnu Hibban)
  3. Rasulullah saw bersabda,”Sesungguhnya para malaikat pada malam itu lebih banyak turun ke bumi daripada jumlah pepasiran.” (HR. Ibnu Khuzaimah yang sanadnya dihasankan oleh Al Bani)
  4. Rasulullah saw berabda,”Tandanya adalah matahari terbit pada pagi harinya cerah tanpa sinar.” (HR. Muslim)

Wallahualam.

(Visited 1,992 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS