Tak Bisa Berenang? Setidaknya Kuasai Teknik yang Dipelajari Siswa SD Jepang Ini Agar Terhindar Dari Tenggelam

125 views Leave a comment
Tak Bisa Berenang Setidaknya Kuasai Teknik yang Dipelajari Siswa SD Jepang Ini Agar Terhindar Dari Tenggelam

Dailymoslem – Bagi orang yang tidak bisa berenang, berurusan dengan air seperti saat berada di kolam renang atau di lautan merupakan sesuatu yang menakutkan. Namun, justru terkadang ketakutan dan kepanikan itulah yang dapat membuat orang menjadi tenggelam.

Di Jepang, ada satu teknik di dalam air yang dipercaya dapat menyelamatkan orang dari tenggelam, bahkan dapat mengurangi jumlah orang tewas atau hilang karena tenggelam pada tahun 2013% karena anak-anak SD mengikuti pelatihan teknik ini.

Teknik ini dinamai “Uitemate” atau bertahan hidup dengan cara mengapung dan menunggu. Teknik yang sederhana namun efektif ini juga bahkan pada Tsunami tahun 2011 lalu, murid-murid SD di Prefektur Miyagi selamat dari tenggelam karena menggunakan teknik ini. Yang terjadi adalah mereka terjebak air Tsunami setelah dievakuasi ke gedung olahraga. Namun, anak-anak ini bisa selamat dari tenggelam karena menggunakan teknik Uitemate.

Ketika bencana berlalu, para relawan dibuat takjub saat masuk ke dalam gedung tersebut, tak ada satu pun murid yang tewas tenggelam. Seorang guru mengatakan mereka selamat karena menggunakan teknik Uitemate untuk mengapung. Kebetulan teknik yang dicetuskan oleh Profesor Hidetoshi Saito ini telah dipelajari pada saat pelajaran renang.

Pada tahun 2008, di Kobe lima orang tenggelam di sungai Toga ketika hujan badai, seorang anak SD dapat diselamatkan karena ia bertahan hidup dengan cara memeluk tas ranselnya. Para ahli mengatakan bahwa seseorang dapat mengapung di permukaan air seperti berang-berang dengan cara memegang sesuatu seperti botol plastik kosong.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan teknik Uitemate:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah tenang dan santai. Kepanikan hanya akan membuat anda semakin berat dan tenggelam.

  • Rentangkan tangan dan kaki, usahakan setenang mungkin untuk tidur terlentang di air sambil merentangkan tangan dan kaki. Kurangi gerakan-gerakan yang bisa membahayakan diri Anda.
  • Pandangan menatap ke atas, untuk melancarkan sistem pernafasan Anda, hal yang dilakukan pada teknik satu ini adalah wajah dan pandangan mata menatap ke atas kemudian bernafas seperti biasa.
  • Jika anda menggunakan sepatu, maka sepatu akan membuantu anda untuk mengapung.
  • Dekap sesuatu yang terlihat di depan anda, misalnya botol kosong, kayu atau apa saja.

Dengan teknik ini anda bisa bertahan di permukaan setidaknya sampai pertolongan datang. Semoga bermanfaat!

(Visited 345 times, 1 visits today)