Tahukah Kamu? Kebiasaan Bangun Pagi Selain Menyehatkan Juga Bisa Bikin Cepat Kaya, Ini Buktinya

626 views
morning shine

Dailymoslem – Kita mungkin pernah mendengar istilah “rezeki dipatok ayam” yang kerap dilontarkan orangtua jika kita bangun terlalu siang. Ayam saja sudah mulai keluar dari kandang dan mencari makan, masak kita masih bergulung dibalik selimut?

Istilah ini ternyata juga ada benarnya, bukan hanya mitos semata. Kebiasaan bangun pagi selain menyehatkan juga ternyata bisa membuat kita cepat kaya.

Kok bisa?

Ini penjelasannya.

Allah Menurunkan Rezeki pada Hamba-Nya Di Waktu Antara Terbit Fajar dan Terbit Matahari

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ahmad dan al-Baihaqi, diceritakan bahawa ketika Rasulullah pulang dari salat subuh di Masjid Nabawi, beliau mendapati puterinya, Fatimah, masih tidur.

Dengan penuh kasih sayang lantas beliau menggerakkan badan puterinya itu lalu berkata, ”Wahai anakku, bangunlah, saksikan rezeki Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai kerana Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya, antara terbit fajar dengan terbit matahari.”

Rasulullah Mendoakan Umatnya yang Bangun Subuh

Kekasih Allah yang menjadi panutan bagi seluruh umat Muslim di dunia bahkan mendoakan umatnya yang bangun di subuh hari, beliau berdoa”

“Ya Allah, berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh.” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah)

Duhai, adakah yang lebih indah daripada didoakan Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam?

Bangun Pagi Dapat Meningkatkan Mood Sepanjang Hari

Semakin pagi kita bangun, semakin banyak udara bersih dan segar yang kita hirup yang dapat membuat kita merasa segar dan siap menjalani hari. Itulah yang membuat mereka yang bangun pagi cenderung selalu merasa bahagia dan memiliki mood yang baik sepanjang hari.

Hal ini bahkan dibenarkan oleh penelitian dari Roehampton University di Inggris. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,” tutur Dr. Joerg Huber, dikutip dari Medicmagic.

(Baca juga: 5 Sunnah Rasul Saat Bangun Di Pagi Hari)

Bangun Pagi Dapat Menyehatkan Tubuh

Selain untuk mood yang baik sepanjang hari, udara segar yang kita hirup di pagi hari juga akan bermanfaat untuk kesehatan kita secara menyeluruh. Semakin sehat tubuh kita, tentu semakin banyak energi yang bisa kita gunakan untuk mencari rezeki.

(Baca juga: 10 Hal Sebelum Jam 10 Pagi Agar Harimu Menyenangkan)

Bangun Pagi Dapat Membuat Tubuh Menjadi Lebih Aktif dan Berenergi

Jika kamu menganggap tubuh akan lemas dan ngantuk seharian karena bangun terlalu pagi, maka itu adalah anggapan yang salah. Senam atau peregangan singkat di pagi hari justru akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi untuk menghadapi hari. Selain itu, peregangan rutin di pagi hari juga dapat melansingkan tubuh, lho!

Jadi, masih mau bangun siang?

Disarikan dari berbagai sumber.

(Visited 698 times, 1 visits today)