Tahukah Kamu, Bahwa Warna Lidah Bisa Jadi Indikator Masalah Dalam Tubuh?

737 views

Dailymoslem – Percaya atau tidak, tubuh kita selalu memberikan sinyal jika salah satu bagiannya mengalami masalah kesehatan. Misalnya jerawat. Jerawat yang tumbuh di pipi menunjukan bahwa ada masalah di organ pernapasan. Nah, Selain jerawat yang tubuh pada bagian tubuh, warna lidah yang berubah-rubah dapat menunjukan adanya masalah pada salah satu bagian tubuh kita.

Dilansir dari boldsky warna-warna lidah tersebut bisa menjadi salah satu indikator terjadinya masalah dalam salah satu bagian tubuh. Berikut ini penjelasan dari warna-warna lidah tersebut.

Lidah Putih

Berubahnya warna lidah menjadi putih bisa disebabkan oleh adanya ganguan pada rongga mulut seperti infeksi. Bisa juga disebabkan oleh typus. Berubahnya warna lidah seperti ini diakibatkan karena penderita kekurangan nafsu makan sehinga tidak mengonsumsi banyak makanan melalui mulut. Oleh karena itu muncul lapisan putih diatas lidah yang menyebabkan lidah nampak lebih putih.

Lidah Ungu

Warna lidah yang berubah menjadi ungu biasanya menandakan bahwa seseorang kekurangan oksigen. Lidah ungu ini bisa menjadi indokator seseorang mengidap bronchitis kronis, kada kolesterol tinggu atau mengidap paru-paru.

Lidah Kuning

Lidah yang berwarna kuning menunjukan bahwa seseorang mengidap hepatitis. Biasanya sebelum menjalar ke lidah, warna kuning terlebih dahulu bisa dilihat di bola mata dan di ujung kuku serta kulit. Segera periksakan ke dokter terdekat dan dapatkan perawatan maksimal untuk mengembalikan kesehatan.

Lidah Hitam

Warna lidah yang berubah menjadi hitam ini bisa disebabkan oleh infeksi jamur yang menjalari lidah. Penyakit ini biasa disebut dengan Black hairy tounge, karena lidah nampak memiliki rambut yang berlapis-lapis.

Lidah Merah

Saat tubuh mengalami panas yang tidak normal, maka lidah akan membengkak dan tampak lebih merah. Biasanya jika seseorang mengalami panas tinggi yang diakarenakan demam berdarah, lidahnya akan berubah menjadi sangat merah. Selain itu kekurangan vitamin B-3 dan B-12 serta zat besi bisa mengakibatkan lidah berwarna kemerahan.

(Visited 983 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS