Surat Pendek Ini Dinilai Sama Dengan Sepertiga Isi Al-Quran

100 views Leave a comment
Surat Pendek Ini Dinilai Sama Dengan Sepertiga Isi Al-Quran

Dailymoslem – Al-Quran merupakan mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu Aliahi wa Sallam yang diperuntukan sebagai pedoman umat manusia. Di dalamnya terdapat pembahasan Insya’ (non berita) sperti perintah, larangan halal dan haram serta janji dan ancaman. Serta pembahasan khabar (berita) mengenai makhluk dan khaliq.

Namun tahukah kamu jika ada satu surat yang senilai dengan sepertiga Al-Quran? Hal ini disebutkan dalam salah satu hadits Rasulullah. Abu Said Al-Khudri Radhiyallahu’anhu menceritakan,

Di suatu malam, ada seorang sahabat yang mendengar temannya membaca surat al-Ikhlas dan diulang-ulang. Pagi harinya, sahabat ini melaporkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dengan nada sedikit meremehkan amalnya. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ إِنَّهَا لَتَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, surat al-Ikhlas itu senilai sepertiga al-Quran.” (HR. Bukhari 5013 dan Ahmad 11612).

Al- Iklhas sendiri terdiri dari empat ayat yang menerangkan mengenai hukum Islam, janji dan ancaman-ancaman Allah serta informasi mengenai Allah, Tuhan Semesta Alam seperti nama dan sifat-sfat Allah. Dilihat dari isinya, Al-Ikhlas sudah menyapu sepertiga bagian dari Al-Quran.

Namun begitu, senilai dengan sepertiga Al-Quran disini hanya dalam hal pahala yang dijanjikan bukan senilai dengan amal. Sehingga orang yang bernadzar membaca seluruh Al-Quran tidak bisa digantikan dengan membaca Al-Ikhlas sebanyak tiga kali.

Baca Juga:

Tips Mudah Hapalkan Al-Quran Bagi Kamu Yang Tak Memiliki Banyak Waktu

3 Lelaki Tampan Penghafal Quran

5 Ayat Al-Quran Yang Akan Meringankan Saat Hadapi Masalah

Rezeki Akan Lancar Jika Hidup Sesuai Al-Quran

 

(Visited 1,298 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS