Sukses dengan Sanlat Tematik, Majelis Budaya Salman ITB Rencanakan Tema yang Lebih Bervariasi untuk Tahun Depan

509 views
sanlat tematik salman

Dailymoslem – Majelis Budaya Salman ITB baru saja membuat gebrakan terbaru untuk sanlat atau pesantren kilat yang diadakan pada Kamis (25/06) hingga hari ini, Selasa (30/6).

Meski baru pertama kali diadakan, pesantren kilat tematik ini mendapat antusias yang cukup besar dari peserta. Sekitar 100 orang siswa SMP dan SMA terlibat dalam berbagai kelas materi pesantren kilat yang tak hanya berisi materi pengajian ini.

Para peserta diajari materi akting dasar, pembuatan aerial video dengan menggunakan drone dan juga pembuatan film pendek. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi wawasan kepada anak muda mengenai bahasa audio visual yang sedang marak di internet dan juga memancing anak muda agar bisa berkarya dan punya mimpi lebih besar.

(Baca juga: Belajar Ngaji, Bikin Film dan Main Teater Di Sanlat Tematik Salman)

“Jangan sampai cuma jadi konsumen, followers, lebih parah lagi hanya jadi korban media. Dengan apa yang mereka miliki seperti smartphone atau kamera SLR, harusnya mereka punya mimpi lebih. Mereka harus punya karya, nggak bisa ditolerir kalau mereka bilang nggak bisa, karena sekarangtools semakin murah, knowledge gratis dan mudah diakses,” ujar Iqbal Al-Fajri, Direktur Majelis Budaya Salman saat ditemui di kantor Salman Academy, Bandung.

Selain memberi materi mengenai teater dan film, para peserta juga dibimbing untuk bisa menemukan jati diri mereka melalui Al-Qur’an, agar karya yang mereka hasilkan kemudian bisa sejalan dengan jati diri mereka sebagai seorang Muslim.

“Siapapun, dimanapun, apapun profesinya, dia harus tahu basicnya. Misalnya sebagai orang Islam, maka basicnya adalah Al-Qur’an, dia harus tahu tentang basicnya itu, kita kombinasikan karyanya dengan basicnya itu,” tambahnya Iqbal.

sanlat salman 2

sanlat salman 3

sanlat salman

Setelah sukses dengan sanlat tematik ini, Majelis Budaya Salman ITB juga berencana untuk mengembangkan konsep Sanlat Tematik ini di tahun depan.

“Tahun depan kalau diberi kesempatan lagi di bulan Ramadhan kita akan bikin tiga minggu (sanlat, red) dengan tema yang berbeda-beda setiap minggunya, mulai dari menu makan sampai tema sanlatnya. Jadi kalau mau ikut tiga-tiganya boleh, kalau mau ikut salah satu saja juga boleh. Temanya yang sudah kebayang itu film, teater dan astronomi,” tutur Iqbal.

Wah, seru sekali ya, sanlat tematik dari Majelis Salman ITB yang lain daripada sanlat-sanlat biasanya ini.

Ada yang berminat ikutan di tahun depan?

(Visited 355 times, 1 visits today)