Subhanallah, Shalat Fajar Jauh Lebih Baik Dari Dunia Dan Isinya

1603 views

Dailymoslem – Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menciptakan dunia dengan dilengkapi segala macam isinya. Tak jarang apa yang kita lihat di seluruh penjuru dunia membuat kita kagum. Mulai dari apa yang ada di atas tanah, di dalam tanah, dibawah air. Ya, sungguh Allah Maha Kaya dan Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Tahu kah kamu, bahwa Allah akan memberikan hal yang lebih baik dari dunia dan seluruh isinya ini pada kita? Hanya dengan dua raka’at shalat sebelum subuh. Dua raka’at ringan yang membuat kita mendapatkan hal yang jauh lebih baik dari seluruh dunia dan isinya.

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

لَهُمَا أَحَبُّ إِلَىَّ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا

Dua raka’at shalat sunnah fajar lebih kucintai daripada dunia seluruhnya” (HR. Muslim no. 725).

Shalat fajar atau shalat sunnah qobliyah shubuh adalah dua raka’at sebelum pelaksanaan shalat shubuh. Shalat sunnah ini memiliki keutamaan yang sangat berharga, sehingga Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam terus menjaganya. Aisyah Rhadiyallahu Anha mengatakan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُصَلِّى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ إِذَا سَمِعَ الأَذَانَ وَيُخَفِّفُهُمَا

“Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam setelah mendengar adzan, beliau melaksanakan shalat sunnah dua raka’at ringan.” (HR. Muslim)

Betapa besar pahala yang diberikan Allah untuk dua raka’at sebelum shalat fajar. Ini adalah salah satu bentuk keutamaan dan keluasan rahmat Allah, padahal shalat fajar merupakan ibadah yang sangat ringan. Jika seorang muslim telah mengetahui betapa besar nilai pahala shalat fajar, maka sudah selayaknya untuk terus menjaganya.

Ada pelajaran yang dapat diambil dari shalat fajar ini. Allah telah sekali lagi meyakinkan kita bahwa bagaimanapun, perhiasan yang mewah ataupun kehidupan dunia yang megah tidak akan kekal selamanya. Mereka akan sirna seiring berjalannya waktu. Lalu untuk apa kita terus-terusan berusaha mengejarnya di pagi, siang dan malam hari sehingga melupakan kewajiban beribadah kepada Allah Azza wa Jalla.

Manusia yang berakal sehat tidak akan menyibukkan dirinya dengan sesuatu yang hanya akan bertahan sementara sehingga meninggalkan urusannya untuk kehidupan yang lebih kekal setelahnya. Dengan adanya Shalat fajar ini Allah mengingatkan kita bahwa dunia ini akan sirna, ada yang lebih baik lagi yang akan kita terima jika kita tidak meninggalkan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 

 

 

(Visited 887 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]