Subhanallah, Perjuangan Para Muslimah Rusia untuk Mengubah Citra Islam yang Dianggap Teroris

527 views

Dailymoslem – Kita yang tinggal di negara yang bermayoritas penduduk muslim mungkin tidak pernah merasakan berjuang untuk memperbaiki citra Islam di tengah masyarakat. Namun, di belahan bumi lain di mana Islam adalah minoritas, berbagai usaha harus dilakukan demi menyebarkan ajaran Allah atau minimal tidak dipandang sebelah mata.

Misalnya di Rusia, hanya sekitar 16% dari penduduk Rusia yang memeluk agama Islam. Sejak bertahun-tahun yang lalu, citra Islam di Rusia selalu dekat dengan citra terorisme. Islam identik dengan bom bunuh diri yang menghantui. Dan yang paling dimusuhi daripada para muslim adalah perempuan, tentunya karena identitas mereka sebagai muslim dapat dilihat dengan mudah melalui hijab yang mereka kenakan.

(Baca juga: Lelaki Muslim yang Membalas Ejekan Orang dengan Kebaikan)

The New York Times dalam perjalanan dokumenternya merekam beberapa perempuan muslim di Rusia yang memiliki tujuan yang sama dalam hidup mereka, yaitu mengubah citra Islam di Rusia. Dengan tujuan yang sama, mereka berjalan sendiri-sendiri dengan cara yang berbeda-beda, dari mereka yang melakukan dakwah melalui rancangan baju muslim sampai mereka yang berdakwah melalui musik.

“Orang selalu membutuhkan musuh dalam muslim. Di Ukraina, saya menyadari bahwa komunitas Muslim merupakan kelompok yang menjadi sorotan dan dianggap sebagai musuh,” ujar Rezeda Suleyman, perempuan berusia 23 yang juga merupakan seorang perancang busana muslim, dilansir dari mvslim.com.

Sesudah sekitar tiga tahun Rezeda aktif untuk berdakwah menjadi rancangan busana muslim hasil karyanya. Ia ingin menyebarkan gaya hidup muslim pada masyarakat Rusia melalui karya-karyanya dan juga melalui event amal yang rutin diadakan.

rezeda suleyman compilation

Rancangan karya Rezeda Suleyman

Dalam event ini, ia juga mengundang para sselebriti untuk turut mengkampanyekan gaya hidup Islami dengan beramal, karena selebriti merupakan sasaran tepat sebagai role model bagi anak muda. “Banyak juga selebriti yang membantu kita untuk mengubah stereotip tenang wanita muslim,” tambahnya.

(Baca juga: Sally El-Biely, Muslimah yang Buktikan Hijab Bukan Penghalang untuk Jadi Apapun)

Selain Rezeda, ada juga Zulfiya Raupova, seorang composer musik yang mencoba berdakwah melalui musik. “Aku merasa punya tanggung jawab yang besar untuk mengubah stereotip tentang Islam di Rusia melalui musik dan sikapku sendiri,” ujarnya.

Subhanallah, semoga usaha para ukhti ini dapat membuahkan hasil yang manis, ya. Aamiin

(Visited 697 times, 6 visits today)