Subhanallah, Mereka Adalah Empat Wanita Yang Diagungkan Oleh Allah Subhana Wa Ta’ala

1915 views

Dailymoslem – Assalamualaikum, sholeha! Semoga hari-hari kamu selalu menyenangkan. Dalam postingan kali ini dailymoslem akan membahas tetang empat wanita yang diagungkan oleh Allah Subahana wa Ta’ala . Setiap orang jika ditanya apakah ingin menjadi penghuni syurga atau tidak, pasti tanpa berpikir lagi akan menjawab “ya”. Sayang, jawaban itu banyak yang tidak diiringi oleh keistiqomahan dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah.

Termasuk para wanita yang telah di sebutkan menjadi penghuni terbanyak di neraka. Kita sebagai wanita pasti menginginkan syurga, tapi masih saja sulit menghindari dosa. Banyak dosa-dosa tak terasa yang sulit ditanggalkan. Misalnya saja, menggosip atau selalu merasa kurang dengan penampilan sendiri.

Islam telah mencatat empat wanita yang telah mendapatkan pujian dari Allah. Empat wanita istimewa yang rela meninggalkan hal duniawi hanya untuk mencintai, mentaati dan mengikuti ajaran Allah dan Rasul-Nya. Sehingga diberi ganjaran paling berharga diseluruh jagad raya yaitu syurga.

Mungkin dengan mengetahui atau mengingatnya kembali, kita bisa sama-sama memperbaiki diri untuk menjadi wanita sholehah yang menjadi kebanggaan keluarga dan suami (kelak untuk yang belum menikah). Empat wanita ini bisa menjadi ibrah atau pelajaran yang dapat memotivasi kita untuk terus istiqomah memperbaiki diri.

Seutama-utama wanita ahli syurga adalah Khadijah binti Khuwalid, Fathimah binti Muhammad, Maryam binti Imran dan Asiyah binti Muzahim.” (HR. Ahmad)

Khadijah binti Khuwalid

Beliau adalah ummul mukminin  atau ibunya kaum mukminin. Beliau termasuk pada orang pertama yang langsung beriman pada seruan Nabi Muhammad tanpa membantah, tanpa berdebat. Beliau lahir dari keluarga terpandang sehingga memiliki sifat yang tegas, cerdas dan berakhlak mulia sehingga mampu memilah mana yang hina dan mana yang mulia.

Beliau juga mengikhlaskan banyak harta untuk membela agama Allah dan menghibur serta memberikan semangat kepada Nabi Muhammad saat banyak orang yang mencela bahkan mengkucilkannya.  Pribadinya yang tenang membuat beliau tidak mudah terpengaruh oleh orang-orang yang mengatakan bahwa agama yang dibawa Muhammad telah merusak tatanan budaya leluhurnya yang agung.

Dengan segala pengabdian dan ketulusan Khadijah, Allah pun menitipkan salam-Nya melalui jibril dan mengatakan bahwa Allah telah menyiapkan rumah dari mutiara untuknya di syurga. Bahkan, setelah Khadijah wafat Nabi Muhammad terus menyebut-nyebut kebaikannya yang tidak tergantikan.

Fathimah binti Muhammad

Putri keempat dari Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dari pernikahnnya dengan Khadijah binti Khuwalid. Fathimah disebut-sebut sebagai belahan jiwa Rasulullah sehingga dalam hadist dari Shahih Muslim menurut An- Nawawi, Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda “Fathimah merupakan belahan diriku. Siapa yang menyakitinya, berarti menyakitiku.”

Fathimah menjadi salah satu wanita yang dipercayai Nabi Muhammad dalam masa dakwahnya. Ia memiliki kepribadian yang sabar dan penyayang dan tidak pernah melihat atau dilihat lelaki yang bukan mahromnya.

Istri dari Ali bin Abi Thalib ini adalah anak kesayangan Nabi Muhammad. Bahkan saat Nabi Muhammad diatas mimbar, Beliau mengungkapkan rasa cintanya pada Fathimah. Aisyah istri Nabi Muhammad pernah berkata “Aku tidak melihat seseorang yang perkataannya dan pembicaraannya yang menyerupai Rasulullah selain Fathimah, jika ia datang mengunjungi Rasulullah, Rasulullah berdiri lalu menciumnya dan menyambut dengan hangat, begitu juga sebaliknya yang diperbuat Fatimah bila Rasulullah datang mengunjunginya.”

Maryam binti Imran

Maryam adalah satu-satunya wanita yang namanya diabadikan dalam kitab suci Al-Quran. Ia dilahirkan dari pasangan Hannah dan Imran yang sudah tua dan belum juga dikaruniai seorang anak. Hannah berjanji jika ia dikaruniai anak, maka anak tersebut akan dipersembahkan kepada Allah dan diurus di Baitul Maqdis.

Maryam adalah gadis yang sangat baik dan shalehah. Ia tidak pernah disentuh oleh satu laki-laki pun. Kemudian Allah memberikannya amanah untuk mengandung dan membesarkan Isa Alahi Sallam dalam rahimnya meskipun ia tidak pernah bersentuhan dengan laki-laki.

Subhanallah, Maha Besar Allah atas segala sesuatu yang terjadi di jagad raya ini.

Asiyah binti Muzahim

Istri Fir’aun yang memiliki keimanan pada Allah dan menyakini bahwa Musa Alaihi Sallam adalah Rasul utusan Allah. Asiyah rela menerima siksaan yang sangat pedih hanya untuk membela keyakinannya terhadap Allah Azza wa Zalla.

Asiyah meninggal dengan keadaan tersenyum dalam siksaan para pengikut firaun. Dari Abu Hurairah, Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam berkata “Fir’aun memukulkan kedua tangan dan kakinya (Asiyah) dalam keadaan terikat. Maka ketika mereka (Fir’aun dan pengikutnya) meninggalkan Asiyah, malaikat menaunginya lalu berkata: ‘Ya Rabbi bangunkan sebuah rumah bagiku di sisimu dalam syurga’. Maka Allah perlihatkan rumah yang telah disediakan”

Subhanallah, semoga kita bisa mencontoh empat wanita istimewa yang diagungkan oleh Allah karena ketaatannya yang luar biasa untuk mengikuti dan membela ajaran Allah. Semoga kita kelak menjadi wanita hebat penghuni syurga yang selalu menjaga hati agar tidak terjerumus kedalam kecintaan pada dunia yang fana ini. Amin.

(Visited 3,595 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]