Subhanallah, Ditemukan Cincin Berlafadz Allah di Kuburan Wanita Viking

1041 views

Dailymoslem – Sebuah artefak cincin dengan material batu terbuat dari kaca dan ditemukan di Swedia. Cincin ini semakin menunjukkan bukti-bukti hubungan masyarakat Viking Skandinavia dengan peradaban Islam. Cincin ini ditemukan di lokasi yang merupakan pusat perdagangan masyarakat Viking pada tahun 1800-an, tepatnya di makan seorang perempuan dari abad ke-9.

Seperti dilansir dari sciencenews.org, mata cincin yang berwarna keunguan ini awalnya disangka batu ametis. Namun setelah diamati lebih jauh dengan menggunakan mikroskop laser, Sebastian Wärmländer, peneliti dari Universitas Stockholm menemukan bahwa material mata batu tersebut adalah kaca berwarna, material eksotis pada masa tersebut.

Setelah dilihat dengan mikroskop laser pulalah Sebastiam menemukan inskirpsi bertuliskan huruf Arab yang artinya “untuk Allah.” Temuan ini membuktikan bahwa pada masa tersebut masyarakat Viking Skandinavia telah berinteraksi dengan peradaban Islam.

Perdagangan bendaa-benda kaca oleh penduduk Viking Skandinavia dari Mesir dan Mesopotamia sudah dikenal sejak 3.400 tahun lalu. Kemungkinan memang penduduk Viking membawa benda kaca tersebut dari Mesir dan Mesopotamia.

Bagian dalam cincin masih terlihat baru dan belum terlihat bekas pakai dalam jangka waktu lama, sehingga diduga wanita tersebut merupakan pemilik pertama cincin ini setelah dibuat oleh seorang pandai perak dari Arab.

Berdasarkan literature sejarah, hubungan perdagangan antara Viking dan masyarakat Islam terjadi di sepanjang Mediterania hingga Asia Barat. Namun, bukti-bukti sejarah yang mendukung masih jarang ditemukan.

(Visited 570 times, 1 visits today)