Stress Berlebih Bisa Sebabkan Uban Lebih Cepat Tumbuh

98 views Leave a comment
Stress Berlebih Bisa Sebabkan Uban Lebih Cepat Tumbuh

Dailymoslem – Uban atau rambut abu-abu biasanya tumbuh sebagai salah satu tanda penuaan. Tapi, uban juga bisa tumbuh mendahului masa tua Anda karena stress berlebih yang Anda alami.

Dilansir dari Goodhousekeeping, Selasa (15/2), Dr. Hadley King mengatakan bahwa produksi melanin dalam rambut yang membuat rambut kita memiliki warna seperti hitam, coklat atau pirang bisa berkurang dan membuat warna rambut menjadu abu-abu bahkan putih saat kandungan melanosit dalam folikel rambut menurun. Penurunan melanosit ini bisa terjadi karena banyak hal, seperti merokok, kurang asupan vitamin B hingga stress.

“Stres mungkin dapat mempercepat berkurangnya sel melanosit, meskipun tidak ada hubungan jelas antara uban dan stres,” ujar King seperti dikutip dari Goodhousekeeping.

Hal ini karena hormon stress yang menyebabkan inflamasi dan memicu produksi radikal bebas yang memengaruhi produksi melanin pada folikel rambut. Meskipun hal ini tidak akan terjadi dalam waktu cepat seperti semalaman, tapi hal ini memengaruhi pertumbuhan rambut untuk jangka panjang.

(Baca: Cara Menghindari Tumbuhnya Uban)

Masalah penipisan rambut merupakan efek stress pada rambut yang bisa paling cepat terlihat efeknya. Hal ini terbukti penemuan bahwa stress yang berlangsung beberapa bulan seperti kehilangan orang yang dicintai atau mealhirkan bisa membuat rambut seseorang rontok.

Sedangkan untuk tumbuhnya uban, faktor yang paling banyak memengaruhi adalah faktor keturunan.

(Visited 117 times, 1 visits today)