Speed Dating, Cara Perkenalan Halal Di Malaysia

111 views Leave a comment
Speed Dating, Cara Perkenalan Halal Di Malaysia

Dailymoslem – Cara para pemuda dan pemudi mendapatkan cinta sejati sekarang ini mungkin bisa dibilang mengkhawatirkan. Banyak dari mereka yang menyalah artikan pencarian tersebut, misalnya dengan pacaran, berdua-duaan kemana-mana, chatting hingga larut malam dan lain sebagainya.

Padahal dalam Islam sudah jelas dikatakan bahwa mendekati zinah itu haram. Berarti berduaan dengan bukan muhrim entah itu secara langsung maupun melalui media seperti handphone sebaiknya dihindari.

Mengatasi hal itu, speed date dengan cara yang halal sedang menjadi trend di Malaysia. Speed date adalah pertemuan antara laki-laki dan perempuan disertai dengan wali atau pihak keluarga yang lain. Pertemuan tersebut seperti halnya ta’aruf , yaitu perkenalan antara laki-laki dan perempuan yang memiliki tujuan untuk menikah.

Mereka yang pernah melakukan speed date, menyebutkan bahwa cara ini dipandang lebih nyaman dan menenangkan dalam pencarian cinta sejati.

Saya pernah mencoba online dating dan berujung pada kencan buta. Tetapi dalam agama kita, melakukan sesuatu yang halal adalah pilihan yang lebih baik. Akan lebih baik jika mendapatkan persetujuan orang tuanya terlebih dahulu. Tapi saya terbuka untuk semua pilihan.”  Ungkap Mohammad Fauzan salah satu orang yang mencba speed date, seperti yang dilansir dari mvslim.

Speed date ini juga dianggap sebagai media yang tepat untuk mencari pendamping hidup yang dapat menerima dalam suka dan duka dan bukan hanya sekedar coba-coba.

Saya fokus mencari seseorang yang dapat menerima saya apa adanya.”  Tutur Nurnadille

Nah, bagaimana menurut kamu  apakah speed date ala Malaysia ini dapat menjadi sebuah solusi dan tentunya sesuai dengan syariah Islam? Yuk tulis pendapatmu di komentar.

 

Baca Juga:

Hindari 3 Kesalahan Memilih Calon Pendamping

Ukhti, Kamu Berhak Memilih. Menikahlah Tanpa Paksaan

3 Pertanyaan Untuk Calon Istri Yang Shalihah

(Visited 197 times, 1 visits today)