Sosok Presiden Perdamaian, Wanita Misterius Di Kerusuhan Demo Taksi

136 views Leave a comment
Sosok Presiden Perdamaian, Wanita Misterius Di Kerusuhan Demo Taksi

Dailymoslem – Ada yang unik dari kerusuhan demo taksi di Jakarta kemarin, yaitu munculnya sosok seorang wanita misterius yang mengenakan gamis coklat lengkap dengan topi berwarna senada. Perempuan itu juga mengenakan selendang dengan tulisan Presiden Perdamaian, dalam sebuah foto ia terlihat berdiri dengan santai di tengah kerumunan para demonstran.

Rupanya sosok presiden perdamaian ini bukanlah yang pertama kalinya muncul di kerusuhan. Ia juga kerap terlihat di insiden bom sarinah, bom bali tahun 2002, demo tolak kenaikan Bahan Bakar Minyak 2012 dan demo penolakan dari pendukung Prabowo – Hatta atas hasil Pilpres 2014 dan juga insiden kerusuhan lainnya. Rupanya wanita itu memang sudah memulai aksinya sebagai presiden perdamaian sejak tahun 2000 pada saat terjadinya serangan bom Natal.

Lalu, siapakah wanita itu?

Ia adalah Rr Herawaty Rinto Paeran, yaitu anak seorang veteran perang mantan anggota Tentara Pelajar. Selain karena mewarisi semangat juang sang ayah, ia juga terinspirasi untuk menyampaikan pesan kedamaian sejak ia mengikuti siaran radio Iman Prasudjo yang membentuk Forum Indonesia Damai. Meski Iman Prasudjo sudah tak aktif lagi dalam aksi serupa, namun Herawaty masih tetap mengikuti kata hatinya untuk menyampaikan pesan damai.

Di tengah kerusuhan, ia tampak begitu mencolok dengan kostum unik, make-up tebal dan lengkap dengan kacamata hitam.

presidenperdamaian

Herawaty juga bukan sembarang Presiden Perdamaian, meski ia mengaku gelar tersebut diamanatkan oleh Tuhan padanya. Di pernah mengikuti konferensi yang digelar oleh Universal Peace Federation (UPF), salah satu organisasi di bawah PBB, pada tahun 2004. Dua tahun setelahnya, ia ditunjuk sebagai Duta Perdamaian dari UPF.

Selain menyampaikan pesan kedamaian di berbagai kerusuhan, Herawaty juga melakukan kontribusi lainnya seperti memberikan materi kuliah tentang perdamaian di beberapa Universiter di Indonesia, juga memberi nama rumah tinggalknya sebagai Posko Perdamaian. Selain itu, ia juga mendirikan Yayasan Perdamaian Universal yang dikepalai oleh dirinya.

Wanita yang bergelar insinyur ini juga memiliki pekerjaan sehari-hari sebagai kontraktor, sebagaimana dilansir dari Okezone. Mengenai kostum yang dikenakannya, Herawaty mengaku ia menentukannya tergantung kondisi. “Jenis kostum saya gonta-ganti, tergantung kondisi,” ucapnya.

(Visited 600 times, 1 visits today)