Soal Pariwisata Halal, Thailand Ungguli Indonesia

111 views Leave a comment
Soal Pariwisata Halal, Thailand Ungguli Indonesia

Dailymoslem – Sebagai negara bermayoritas Muslim, Indonesia menargetkan 20 persen dari 10 juta wisatawan mancanegara menikmati wisata halal yang ditawarkan di Indonesia, yang berarti setidaknya dua juta orang ditargetkan menjadi pasar untuk wisata halal di Indonesia, seperti dilansir dari halhalal.com.

Namun, ternyata angka tersebut masih lebih sedikit dibanding angka yang berhasil diraih negara lain untuk wisata halal, seperti Thailand, Malaysia dan Singapura. Singapura menargetkan empat juta wisatawan, Malaysia menargetkan lima juta orang, sedangkan Thailand menduduki posisi tertinggi yaitu enam juta orang yang menikmati wisata halal yang ditawarkan negaranya.

“Thailand mayoritasnya non Muslim, tapi mereka bisa memosisiskan bisnis untuk wisatawan Muslim,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, beberapa waktu lalu.

Pemerintah juga menargetkan seperempat dari total 20 juta wisatawan asing dapat menikmati wisata halal yang belanja per kapitanya lebih besar dari rata-rata wisatawan asing. Turis penikmat wisata halal melakukan pembelanjaan hingga 1.500 – 1.700 dollar AS per kapita per hari sedangkan turis asing biasa hanya melakukan pembelanjaan sekitar 1.200 dollar AS per kapita per hari.

Per Oktober 2015, Kementerian Pariwisata mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 8.017.589 orang atau naik 3,38 persen dari periode yang sama pada tahun lalu. Hingga akhir tahun ini, proyeksi 10 juta wisatawan mancanegara ditargetkan bisa terpenuhi.

Pemerintah juga menargerkan devisa pariwisata dari wisatawan asing bisa mencapai Rp. 172 triliun dengan angka kunjungan dipatok minimal 12 juta orang pada tahun 2016.

(Visited 108 times, 2 visits today)