Siapa Abu Janda Al Boliwudi ?

4330 views Leave a comment

Dailymoslem – Media sosial ramai dengan kehadiran ustad bernama, Abu Janda Al Boliwudi. Beragam postingan mengenai agama Islam dan NKRI tertulis dalam akun facebook dengan nama tersebut. Ribuan komentar membanjiri setiap postingannya, bahkan tidak sedikit orang yang membagikan kembali isi dari status pria yang mengaku ustad ini.

Meskipun banyak orang yang terlihat menyukai pria ini, namun tidak sedikit yang geram juga. Nah, kalau kamu bagaimana? Kita lihat dulu postingan-postingan seperti apa yang ia unggah.

Postingan Abu Janda Al Boliwudi mengkritik Aa Gym

Menyindir GNPF Dukung SBY

Menyindir Bachtiar Nasir terkait Aksi Bela Islam

Curahan Abu Janda Al Boliwudi tentang presiden Jokowi

Pendapatnya terkait Natal

Ustad parodi, begitulah orang-orang menjulukinya. Julukan ini tentu saja berdasarkan postingan-postingan nyeleneh terkait agama Islam. Ya, meskipun mengaku Islam Ustad ini seringkali menyindir para ulama. Apalagi ulama-ulama yang menurutnya tak Nasionalis seperti ulama yang mendukung aksi bela Islam 212 kemarin.

Tapi apakah benar Abu Janda Al Boliwudi ini adalah Ustad ?

Abu Janda Al Boliwudi memang fasih sekali dalam mengutip hadits dan ayat Al-Quran, itulah sebabnya banyak masyarakat Indonesia yang percaya bahwa ia adalah seorang ustad. Apalagi ditambah dengan istilah-istilah keislaman lain yang sering ia gunakan, membuatnya lebih terlihat seperti ustad.

Jika menuliskan nama Abu Janda Al Boliwudi dalam mesin pencari google, Anda akan menemukan beberapa penjelasan mengenai siapa sebenarnya Ustad tersebut. Sebuah thread kaskus yang ditulis Yosbeda menjelaskan dengan lengkap mengenai penelusarannya terhadap Ustad bodong Abu Janda Al Boliwudi.

Abu Janda Al Boliwudi hanyalah tokoh fiksi

Menurut thread tersebut, nama Abu Janda Al Boliwudi merupakan sebuah gimmick yang dibuat Permana Arya dalam sebuah video parodi mengenai ISIS. Merasa video parodinya sukses, Permana Arya kemudian memutuskan untuk memakai nama Abu Janda Al Boliwudi untuk nama akun facebooknya yang berisikan sarkasme terhadap agama Islam.

Lebih lanjut, akun Yosbeda juga menuturkan bahwa Abu Janda Al Boliwudi alias Permana Arya merupakan kaskuser dengan nama serafffff yang selalu membahas mengenai fakta-fakta sejarah dengan ayat-ayat Al Quran serta hadits Nabi yang menurutnya terkesan ‘cocoklogi’. Salah satu thread fenomenalnya, The XYZ of World War pun menjadi ajang perdebatan seru. Sayangnya, menurut Yosbeda Abu Janda Al Boliwudi alias Permana Arya alias serafffff selalu mengutip ayat atau hadits yang terkesan di sambung-sambungkan untuk memperkuat pendapatnya. Penjelasan Yosbeda bisa langsung dilihat disini.

Abu Janda Al Boliwudi bukan beragama Islam

Yosbeda dalam akhir threadnya menunjukkan bukti bahwa Permana Arya pernah mengaku sebagai mantan Muslim. Entah apa agamanya sekarang, Permana Arya yang juga pernah menyebutkan seorangĀ  Nahdliyin dan Alumni Pesantren Tharikat ini tidak bisa dipercaya.

abu janda mengaku mantan muslim

Jadi jelas, Abu Janda Al Boliwudi bukanlah seorang ustad melainkan tokoh fiksi yang lambat laun dipercaya sebagai alim ulama dan menyesatkan masyarakat awam.

Terlepas dari apapun maksud Permana Arya membuat tokoh fiksi ini, sebagai umat Islam kita sebaiknya selalu bertabayyun terhadap informasi apapun yang diterima. Pikirkan berkali-kali sebelum membagikan sebuah postingan bernada provokatif. Ingat, membagikan sebuah postingan tanpa menulis sanggahan atau pendapat yang meluruskan berarti dianggap setuju dan mengikuti.

 

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]