Setelah Mata Uang Dollar Lemahkan Rupiah, Muncul Pula Black dan White Dollar Yang Hebohkan Indonesia

1589 views

DailymoslemSaat ini mata uang Indonesia sedang berada dalam posisi yang sangat lemah terhadap dollar AS. Dollar AS memang menjadi patokan seluruh mata uang dunia, karena sifatnya yang lebih kuat dibanding dengan mata uang negara lainnya.

Belakang terungkap bahwa ada istilah tentang black dollar dan white dollar. Hal tersebut tersebar kepada publik setelah TNI menyelediki kasus narkoba yang melibatkan anggotanya, Mayor Laut Zaid Joko Utomo. Saat melakukan penggeledahan di rumah tersangka, ternyata bukan hanya narkoba jenis sabu-sabu saja yang ditemukan, namun 69 ribu lembar black dollar  dengan pecahan 100 dollar AS atau senilai dengan USD 6.900.000.

Black dollar dan white dollar ini terdapat dalam bentuk dollar US, Euro atau Poundsterling. Keaslian uang ini masih menjadi polemik. Sebagian mengatakan asli karena memiliki nomor seri seperti layaknya uang yang diedarkan dari Bank sentral, namun ada juga yang mengatakan palsu.

Meskipun memiliki nomor seri, kedua jenis dollar ini tidak diedarkan oleh Bank.Untuk menggunakannya pun harus ditetesi cairan khusus sehingga warna hitam uang akan pudar dan nomor seri akan muncul. Setelah nomor seri tersebut muncul, maka black dollar dan white dollar tersebut bisa langsung dipergunakan untuk bertransaksi.

Diluar asli atau palsunya uang tersebut fungsi dari black dan white dollar tersebut adalah untuk transaksi yang illegal. Dilansir dari banyak sumber black dollar sendiri biasanya digunakan untuk transaksi narkoba, sedangkan white dollar disebutkan untuk pendanaan perang atau aksi terorisme.

 

(Visited 522 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]