Setelah Lombok, Cianjur Siap Jadi Destinasi Wisata Syariah Baru

230 views Leave a comment
Tempat-Wisata-di-Cianjur-Masjid-Agung-Cianjur

Dailymoslem – Wisata syariah, memang sedang booming akhir-akhir ini. Banyak sekali kawasan wisata dalam negeri dan juga luar negeri yang menyediakan fasilitas lengkap untuk yang beragama Muslim. Sebut saja Jepang yang mulai dari akhir tahun 2014 lalu mencoba menerapkannya untuk menarik lebih banyak wisatawan muslim ke negri sakura tersebut.

Kota-kota dalam negeri pun mendukung adanya konsep ini, Lombok salah satunya. Pada 2015 Lombok bahkan berhasil mendapatkan gelar World’s Best Halal Honeymoon Destination dan World’s Best Halal Tourism Destination dalam acara World Halal Travel Award 2015 di Abu Dhabi, Dubai.

Mengikuti jejak Lombok serta memperkuat citra daerah sebagai kota santri yang kental akan budayanya yang Islami, Cianjur siap menerapkan konsep wisata halal pada tahun ini. Dengan diterapkannya konsep wisata halal, pemerintah setempat melakukan himbauan dan sosialisasi pada seluruh pengusaha hotel, penginapan, dan restoran di Cianjur untuk bersama-sama menukseskan program tersebut.

Dalam program wisata syariah ini, pengusaha hotel, penginapan, losmen atau restoran didorong untuk menyediakan fasilitas ibadah, seperti mushalla, alat shalat dan Alquran. Khusus untuk hotel, di setiap kamar wajib ada penunjuk arah kiblat, sehingga wisatawan yang datang tidak perlu bingung mencari arah kiblat ketika hendak shalat,” Papar Kepala Disbudpar Cianjur, Aban Sobandi seperti dikutip dari Republika.

Bukan hanya ingin mempermudah umat Muslim untuk melakukan ibadah, program ini pun selaras dengan visi Bupati Cianjur yang ingin membuat kotanya lebih maju serta lebih agamis.

(Visited 83 times, 1 visits today)