Serunya Jalan-Jalan Zoya Ke Kota Bawah Tanah, Turki

465 views
FI zoya turki

Dailymoslem – Jalan-jalan zoya dengan para frenchise ke Turki berlangsung dengan sangat menyenangkan. Bersama sang Komisaris Shafira Corporation tercinta, Bapak Gilarsi Wahyu Setijono, rombongan “Frenchise Gathering Zoya” menjajaki tempat-tempat menawan negara Islam, Turki.
IMG-20150610-WA0008Salah satunya adalah Underground City. Kota bawah tanah yang sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Dunia oleh UNESCO sejak 1985. Kota bawah tanah ini merupakan peninggalan dari ribuan tahun lalu. Dulunya adalah sebuah  Kerjaan Romawi Timur  yang terletak di Nevsehir. Sejak 1965, kota unik ini sudah dibuka untuk para turis domestik dan asing dan berlangsung hingga sekarang.

Ada 40 kota bawah tanah di Turki dan salah satunya adalah Aymakli. Kota tersebut berjarak 577 kilometer dari Instanbul dan membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam penerbangan kemudian diteruskan 40 menit perjalanan darat dari bandara Nevsehir untuk mecapainya.

Aymakli memiliki 10 lantai di bawah permukaan tanah dengan kedalaman mencapai 35 meter. Namun sampai saat ini yang boleh dikunjungi para turis hanya hingga lantai 4 saja. Hal tersebut dilakukan karena lantai lain masih dalam penelitian para arkeologi.

Bagi yang memiliki gangguan jantung, asma dan fobia ruangan sempit, Ramadan Dogan sebagai pemandu wisata menyarankan untuk hanya mengikuti tur hingga lantai satu 1 saja. Karena pada lantai 2 dan seterusnya rongga jalan akan menyempit dan semakin rendah, sehingga setiap orang harus berjalan setengah membungkuk.

IMG-20150610-WA0009

Beberapa jalan memang sengaja dibuat rendah untuk menghindari kejaran musuh dari Romawi yang memiliki postur tubuh tinggi besar. Ruang-ruang dibawah ini pada dasarnya dibuat untuk berlindung dari musuh. Beberapa akses jalanpun dilengkapi dengan pintu-pintu bulat yang terbuat dari batu.

Meskipun terletak dibawah tanah, para penghuni kota bawah tanah ini tak akan kekurangan oksigen karena ada beberapa titik ventilasi udara yang dibuat seperti sumur pada dinding-dinding lubang.Lantai-lantai yang ada didalamnya pun memiliki fungsi tersendiri. Bagian atas misalnya. Tempat tersebut dijadikan sebagai kandang hewan ternak dan peliharaan lainnya, kemudian ada kamar tidur, tempat menyimpan makanan, anggur, dapur, tangga-tangga dan sebuah alat layaknya generator pembangkit listrik untuk menerangi seluruh kota yang dinamakan bezirhane.

 

 

(Visited 688 times, 1 visits today)