Sering Ngantuk Setelah Makan Siang? Ini Penyebabnya

184 views Leave a comment
Sering Ngantuk Setelah Makan Siang? Ini Penyebabnya

Dailymoslem – Selepas makan siang, rasa ngantuk yang tak tertahankan seringkali mengganggu produktivitas bekerja, sehingga membuat kita malas melakukan berbagai aktivitas.

Hal ini ternyata bisa disebabkan karena pemilihan menu makan siang yang tidak tepat. Menu yang mengandung banyak lemak adalah yang paling memberi kemungkinan besar untuk kita mengalami ngantuk di siang hari setelah makan siang.

Selain itu, makanan dengan kadar lemak yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan sleep apnea (henti napas ketika tidur yang ditandai dengan mengorok.)

Makanan berlemak akan paling berrisiko bagi mereka yang gemuk. Sedangkan hubungan antara makanan lemak dan rasa ngantuk yang tak tertahankan setelahnya dapat dialami berbagai kategori berat badan.

“Pola makan berpengaruh besar pada kesehatan. Makanan yang terlalu banyak mengandung lemak berdampak buruk bagi kualitas tidur. Kuncinya adalah makan secara sehat dan seimbang,” kata Yingting Cao, peneliti dari Universitas Adelaide, Australia.

Ia melakukan penelitian dengan memberi kuesioner pada 1.800 pria mengenai pola makan dan seberapa mengantuk mereka di siang hari. Dalam penelitian tersebut, para responden juga dimonitor secara elektronik untuk mendeteksi adanya gangguan tidur sleep apnea.

Sumber: sehatmagz.com.

(Visited 79 times, 1 visits today)