Sering Gunakan Smartphone, Bisa Bikin Bodoh

792 views

Dailymoslem – Sudah menjadi kebiasaan banyak orang untuk menggunakan samrtphone setiap saat. Bahkan banyak media cetak yang beralih menjadi media online karena pendapatan yang dihasilkan menjadi lebih menurun. Smartphone menjadi salah satu benda yang membuat orang menjadi ketergantungan karena dapat memudahkan pemakainya disegala kativitas.

Dibalik segala kemudahan yang didapatkan dalam genggaman, ternyata terlalu sering menggunakan smartphone juga dapat menyebabkan dampak negatif terhadap kecerdasan seseorang. Sebuah penelitian yang melibatkan 660 relawan, menunjukan bahwa smartphone dapat membuat seseorang jadi malas berpikir. Penelitian ini meneliti gaya berpikir seseorang dengan skala mulai dari intuitif sampai dengan analitis.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa pemikir yang intuitif lebih mungkin untuk mengambil jalan pintas dalam memcahkan masalah, sementara pemikir analitis lebih mungkin menebak-nebak sebuah jawaban dan mengambil pendekatan yang lebih rinci dan logis.

Dengan kecanggihan yang dimilikinya, smartphone mampu memcahkan masalah seseorang. Misalnya dalam hal perhitungan matematika. Bukan saja hitungan yang sederhana, hitungan rumit sekalipun bisa di selesaikan oleh smartphone. Oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih memecahkan masalah meskipun masalah yang sederhana. Hal tersebut menyebabkan orang menjadi malas berpikir sendiri sehingga kemampuannya tidak dipakai.

 

(Visited 488 times, 1 visits today)