Seperti Apa Singkong Yang Mengandung Sianida Mematikan?

131 views Leave a comment
Seperti Apa Singkong Yang Mengandung Sianida Mematikan?

Dailymoslem – Kasus kematian Mirna yang meregang nyawa akibat racun sianida dalam kopinya memang menjadi topik pembicaraan di tengah masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Beberapa acara investigasi pun melakukan pencarian fakta, bagaimana cara pelaku mendapatkan sianida, karena tidak sembarang orang bisa dengan mudah mendapatkan bahan kimia yang satu itu.

Namun tahukah kamu, bahwa daun singkong yang sangat mudah ditemukan dan seringkali dibuat menjadi lalapan itu mengandung senyawa sianida?

Seperti yang dilansir dari tribunnews, seorang pengguna akun media sosial facebook membeberkan seorang tetangganya yang meninggal setelah mengkonsusmi daun singkong. Mulutnya berbusa dan akhirnya meregang nyawa saat perjalanan menuju Rumah Sakit.

Jurnal yang diterbitkan Sentra Informasi Keracunan Nasional, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjelaskan, Linamarin dengan cepat dihidrolisis menjadi glukosa dan aseton sianohidrin.Di lansir dari wikipedia disebutkan bahwa singkong pada kondisi tertentu seperti teroksidasi, akan memunculkan glukosida racun yang nantinya akan berubah menjadi asam sianida (HCN). Singkong yang memiliki kandungan sianida tinggi biasanya lebih terasa pahit, semakin sedikit maka daun singkong terasa lebih manis.

Dalam kabar yang ditulis tribunews, tanda singkong yang mengandung senyawa sianida adalah yang memiliki bercak biru. Oleh karena itu sebaiknya hindari singkong-singkong yang terdapat bercak biru pada daun atau batangnya. Selain itu, sebaiknya singkong diolah dengan cara yang benar agar senyawa berbahaya di dalamnya dapat hilang.

Caranya adalah dengan mengupas kulit dan mencucinya hingga bersih. Setelah itu, potong-potong rendam dalam air hangat selama tiga hari. Barulah singkong tersebut bioleh diolah dengan cara di rebus, goreng atau bakar sesuai dengan selera.

 

Baca juga:

Resep Cake Singkong Lembut

Manfaat Singkong untuk Menyehatkan Jantung dan Menguatkan Tulang

Manfaat Daun Singkong yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Air Perasan Singkong Ternyata Ampuh Sembuhkan Panas Dalam

 

 

(Visited 160 times, 1 visits today)