Sepeda Jadi Solusi Distribusikan Obat Untuk Para Jemaah Haji Asal Indonesia

128 views Leave a comment
Sepeda Jadi Solusi Distribusikan Obat Untuk Para Jemaah Haji Asal Indonesia

Dailymoslem – Mulai dipenuhi oleh Jemaah haji lalu lintas Kota Makkah, Arab Saudi menjadi padat oleh kendaraan. Hal ini menjadi kendala bagi petugas kesehatan yang akan mendistribusikan obat kepada para Jemaah.

Tak bisa dipungkiri, para Jemaah yang beberapa diantaranya terdiri dari mereka yang sudah lanjut usia banyak yang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Masalah perbedaan suhu dan antusias yang berlebih dari para Jemaah haji menjadi salah satu faktor penyebab penurunan daya tahan tubuh.

Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Daerah kerja Mekkah pun akhirnya memandang sepeda sebagai solusi untuk masalah ini. Dengan membentuk tim Tenaga Pengantar Obat (TEPAT) untuk membantu proses pengiriman obat dari sektor ke kloter menggunakan sepeda atau sepeda motor.

Tim kesehatan memilih sepeda dan sepeda motor karena lebih mudah digunakan untuk mendistribusikan obat dari sektor ke pemondokan-pemondokan. Keculai di sektor 8 karena terkonsentrasi di satu gedung besar.

Kepala Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Dr Mawari Edi mengatakan tim kesehatan sudah merekrut sembilan tenaga musiman, yaitu warga negara Indonesia yang tinggal di Arab Saudi, sebagai tenaga pengantar obat. “Ini sudah melalui proses seleksi ketat. Ada 29 yang mendaftar, 21 yang ikut wawancara,” paparnya.

Meraka yang direkrut memiliki pengetahuan mengenai pelayanan kesehatan dan stamina yang baik untuk terus mengayuh sepeda hingga semua obat terdistribusi dengan baik. Anggota TEPAT yang berjumlah 9 orang ini akan bertugas selama 40 hari termasuk ketika rangkaian ibadah haji di Arafah, mudzalifah, dan Mina.

 

(gambar via:republika)

Baca Juga :

Kemenag Luncurkan Aplikasi ‘Haji Pintar’ Untuk Mudahkan Jemaah Haji Indonesia

PPIH Siap Untuk Ajari Jemaah Haji GunakanFasilitas Hotel Berbintang Di Mekkah

Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Jemaah Haji Seluruh Indonesia Berdasarkan Embarkasi Masing-Masing

Video Momen-Momen Ibadah Haji Di Masa Lalu (Hingga 100 Tahun yang Lalu)

(Visited 90 times, 1 visits today)