FOTO: Semarak Kejuaraan MTQ Nasional 2016 di Lombok, Pulau Seribu Masjid

1007 views Leave a comment
Semarak Kejuaraan MTQ Nasional 2016 di Lombok, Pulau Seribu Masjid

Dailymoslem – Pekan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang ke-26 saat ini sedang dilangsungkan di kota Mataram, Lombok, yang dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid.

Para peserta dari berbagai provinsi di Indonesia mengirimkan para kafilahnya untuk mengikuti berbagai jenis lomba dalam kejuaraan ini seperti Tilawah Al-Qur’an, Khath Al-Qur’an, Fahmil Qur’an, Sarhil Qur’an, Musabaqa Makalah Qur’an, Hifzil Qur’an dan Tafsir Qur’an.

Ini merupakan kali kedua Lombok mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah kejuaraan MTQ Nasional yang diadakan setiap dua tahun sekali ini. Kota Mataram pun mempersiapkan diri dengan matang untuk menyambut event besar ini.

Sejak tiga hari menjelang pembukaan MTQ Nasional ini, diadakan berbagai event terkait Al-Qur’an secara berurutan. Mulai dari khatam Al-Qur’an yang menghadirkan ratusan penghafal Al-Qur’an, nyanyian mars MTQ yang dinyanyikan secara masal oleh puluhan ribu siswa dan santri di Lombok, pembacaan barzanzi yang diikuti puluhan ribu warga Muslim, juga pawai taaruf yang diikuti oleh para pesrta dan simpatisan MTQ yang tampil dalam karnaval dengan kendaraan hias yang unik.

Keseruan Pawai Para Peserta MTQ Nasional 2016 di Lombok

Picture 1 of 17

Diresmikan langsung oleh presiden Joko Widodo pada 30 Juli 2016, kejuaraan MTQ Nasional ini disambut meriah oleh warga Lombok, meski sampai saat ini belum jelas apakah event ini ditayangkan di channel TV nasional atau tidak.

Islamic Center NTB yang akan menjadi arena utama ajang perlombaan MTQ Nasional 2016 ini dihias dengan lampu fantastis yang beraneka warna. Ajang ini juga diharapkan menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara bagi Lombok sebagai provinsi yang ingin menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu keunggulannya.

“Kita jadikan ini (MTQ Nasional 2016) yang monumental,” kata Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin kepada awak media di Mataram, Senin (8/2).

Semarak MTQ Nasional 2016 di Pulau Seribu Masjid

Picture 1 of 14

(Visited 1 times, 1 visits today)