Selfie Berlebihan Termasuk Salah Satu Gejala Gangguan Jiwa?

104 views Leave a comment
Selfie Berlebihan Termasuk Salah Satu Gejala Gangguan Jiwa?

Dailymoslem – Di tengah perkembangan laju teknologi seperti sekarang ini, selfie atau mengambil foto diri sendiri merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan anak muda. Kegiatan selfie ini biasanya dilanjutkan dengan post foto di media sosial untuk mencari likers demi mengisi ego kita.

Namun, tahukah kamu, kegiatan selfie ini juga ternyata bisa dikatakan sebagai salah satu gejala gangguan jiwa bagi seseorang? Apalagi jika orang tersebut sudah kecanduan selfie sehingga tidak bisa melewatkan satu haripun tanpa selfie. Hal ini dikemukakan oleh seorang psikiater asal Rusia bernama Lev Perezhogin yang juga merupakan peneliti senior Federal Medical Research Center of Psychiatry and Addiction di Kementerian Kesehatan Rusia.

Lev menambahkan, kegiatan selfie ini dapat dikatakan sebagai gangguan jiwa jika sudah menjadi bagian dalam kehidupan seseorang dan tidak bisa ditinggalkan. Selain itu, kegiatan selfie juga bisa menyebabkan stress jika foto selfie yang ia hasilkan tidak sesuai dengan ekspektasinya atau ketika foto selfie yang telah ia buat gagal diunggah ke sosial media.

“Selfie pada dasarnya adalah sebuah potret diri. Mengambil selfie sesekali tidak masalah. Hal itu akan menjadi masalah jika seseorang mendokumentasikan potret diri sendiri sebagai rutinitas sehari-hari,” kata Lev yang juga peneliti senior Federal Medical Research Center of Psychiatry and Addiction di Kementerian Kesehatan Rusia

Selain itu, Lev juga menyebutkan bahwa penggila selfie yang sudah sampai pada level ‘gejala gangguan jiwa’ ini lebih banyak dialami oleh kaum wanita. Hal ini karena banyak wanita yang melakukan selfie untuk menunjukkan bahwa dirinya terlihat lebih cantik dan lebih menarik dibanding wanita lainnya.

“Dalam perjalanan mencari jati diri,” Perezhogin menjelaskan, “narsisme timbul – keinginan untuk melihat diri kita sendiri, untuk menempatkan diri pada layar dan mendapatkan persetujuan dari orang lain,” tuturnya.

Terkadang, orang juga menginginkan foto selfie yang keren dengan cara melakukan selfie-selfie di tempat yang terbilang berbahaya. Atau juga di tempat yang tidak diperbolehkan hanya untuk mendapatkan foto yang disukai banyak orang di media sosial untuk memenuhi kebutuhan egonya. Semakin banyak like yang ia dapatkan, maka semakin kebutuhan egonya tersebut terpenuhi.

Melakukan selfie sesekali untuk mengabadikan momen boleh saja, namun sebaiknya tetap lakukan dengan terkontrol dan terkendali.

(Visited 103 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS