Sebelum Warnai Rambut, Mungkin Anda Harus Mengetahui Pandangan Islam Tentang Mengubah Warna Rambut Dulu

1817 views

DailymoslemTren kecantikan selalu berkembang setiap tahunnya. Mulai dari gaya busana, gaya makeup, alis, rambut dan hal lain yang termasuk kedalam kecantikan. Jika beberapa waktu tahun yang lalu, sempat booming rambut berwarna merah atau blonde seakrang para wanita menggemari rambut yang lebih berwarna. Seperti ungu, biru, atau hijau. Ya, ombre hair. Style warna rambut yang memiliki warna yang lebih dari satu. Warna nya pun terdiri dari warna yang terang dan gelap. Bisa dengan warna serumpun atau warna yang berbeda sekalipun.

Dalam Islam, mengecat warna dengan tujuan menyenangkan suami di perbolehkan. Bagi sesorang yang belum menikah pun diperbolehkan asal tidak berniat untuk di puji oleh orang lain atau hal-hal tabarruj lainnya. Selain wanita, laki-laki pun diperbolehkan untuk mewarnai rambutnya.

Menyemir ambut diperbolehkan Rasulullah untuk keperluan berperang. Dari Jabir Abdillah ia berkata: Abu Quhafah, ayahnya Abu Bakar, datang saat penaklukan Makkah. Rambut dan jenggot beliau telah memutih. Rasulullah saw. bersabda kepadanya :

“Rubahlah ini dengan sesuatu dan jauhilah dengan warna hitam” (HR. Muslim).

Hal tersebut dilakukan untuk mengelabui musuh, agar mengira pasukan muslim masih muda karena tidak ada satupun yang beruban. Sehingga musuh akan merasa takut dengan kondisi tersebut.

Sementara itu bahan atau zat yang digunakan untuk mewarnai rambut haruslah terhindar dari segala bentuk najis atau zat yang berbahaya. Bahan yang digunakan tidak boleh menghalangi air untuk membasuh rambut secara langsung. Sehingga saat wudhu atau shalat, rambut dapat terbilas tanpa ada halangan dari zat perwarna rambut tersebut. Hadis Rasulullah SAW:

Sesungguhnya sebaik-baik alat yang kamu pergunakan untuk mengubah ubanmuu adalah katam dan hina” (HR. Tirmidzi)

Katam disini adalah salah satu pohon yang tumbuh di daerah Yaman yang mengeluarkan zat berwarna hitam kemerah-merahan, sedangkan hina berwarna merah.

 

(Visited 783 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]