Sally Giovanny, Membangun Bisnis Batik Bersama Suami dengan Modal Uang Amplop Nikah

1928 views

Dailymoslem – Sally Giovanny adalah sosok dibalik Batik Trusmi khas Cirebon yang kini menjadi salah satu identitas wisata kota Cirebon.

Tahukah kamu, butik yang kini sudah memiliki banyak showroom di kota-kota besar di Indonesia ini dulunya dirintis oleh pasangan pengantin muda yang membuka bisnis dari modal uang amplop nikah yang diberikan para tamu.

Muslimah cantik yang lahir dari keluarga sederhana ini telah memutuskan untuk mencari nafkah sendiri selepas SMA demi membantu orangtuanya. Sally juga memutuskan untuk menikah di usia yang cukup muda, ia menikah dengan sang suami Ibnu Riyanto saat keduanya masih berusia 18 tahun.

(Baca juga: Ini Alasan Kenapa Putra Putri Aa Gym Menikah Muda)

Sally membangun bisnis Butik Trusmi bersama sang suami dengan modal uang amplop dari para tamu saat pernikahan mereka. ”Uang yang terkumpul sekitar Rp17 juta, itulah modal awal saya,” ujarnya saat mengisi acara di Indonesia Morning Show NET. TV (27/3)

(Baca juga: 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis)

Mereka menyulap rumah di Jl. Trusmi Kulon No.129 tempat mereka tinggal menjadi ruang pamer batik dengan nama batik IBR. Dengan dua karyawan, Sally dan Ibnu memulai usaha batik mereka. Pada saat itu batik memang belum se-booming sekarang sehingga bisnis yang mereka jalani belum seramai sekarang.

Baru dua tahun setelah bisnisnya berjalan, setelah batik asal Indonesia ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia, permintaan batik semakin meninggi dan bisnis Sally dan Ibnu pun semakin maju. Bahkan, Pusat Grosir Batik Trusmi milik Sally dan Ibnu telah meraih rekor muri sebagai ruang pamer terbesar di tanah air pada tahun 2013 lalu.

Dengan konsep one stop shopping, pengunjung bukan hanya bisa belanja batik, tapi juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Cirebon, belanja oleh-oleh khas Cirebon dan belajar membatik di workshop batik.

Wah, seru sekali ya, bisnis muslimah cantik satu ini. Semoga bisa menginspirasi para muslimah di luar sana yang masih berjuang untuk mewujudkan mimpinya.

(Visited 1,311 times, 1 visits today)