Saksi Mata Kejadian Mina: Kami Terhimpit Dan Banyak Yang Meninggal Terinjak

346 views Leave a comment
Saksi Mata Kejadian Mina: Kami Terhimpit Dan Banyak Yang Meninggal Terinjak

Dailymoslem – Sebanyak 717 orang dinyatakan menjadi korban tewas dan 800 liannya luka-luka atas kejadian di Mina, Kamis (24/9). Kejadian nahas tersebut dimulai ketika para Jemaah haji yang akan kembali dari prosesi melempar Jumrah Aqabah bertemu dengan Jemaah haji yang baru akan melakukan prosesi tersebut di Jalan Arab 204.

Panas terik sekitar 50-52 oC ditengan ribuan manusia dan ditambah beberapa diantaranya tiba-tiba berhenti membuat para Jemaah haji tersebut berdesak-desakan parah dan akhirnya terjadi saling dorong. Peristiwa tersebut membuat Jemaah haji banyak yang jatuh dan kemudian terinjak-injak.

Ketua Rombongan (Karom) Mugia Suryojaya berkisah bahwa rombongannya benar-benar terhimpi hingga tak bisa bergerak. “Kami terhimpit, kebanyakan kepanasa dan akhirnya korban berjatuhan.” Ujarnya seperti dilansir dari tempo.

Kementrian Agama menjelaskan bahwa Jalan Arab 204 tersebut sebenarnya bukan jalan yang biasa dilewati Jemaah haji asal Indonesia. Jalan yang biasanya digunakan adalah jalan King Fahd.

Jalan Arab 204 terletak di sebelah kiri jalan King Fahd. Jadi lokasi kejadian bukan berada pada jalur yang biasa ditempuh Jemaah haji Indonesia.”  Jelas perwakilan Kementerian Agama RI dikutip dari viva.

Sampai saat ini, warga Indonesia yang sudah dinyatakan meninggal akibat kejadian ini ada 3 orang. Pemerintah menyampaikan jangan dulu percaya dengan kabar-kabar yang belum tentu sumbernya. Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah PPIH Arab Saudi Arsyad Hidayat, memastikan kabar yang menyebutkan 32 Jemaah Haji yang meninggal adalah tidak benar. Ia juga memohon kerjasama seluruh media untuk memberitakan hal tersebut dan saling bantu agar tidak ada kecemasan berlebihan.

 

 

(Visited 434 times, 1 visits today)