Sahur On The Road, Perlu Nggak Sih?

447 views
sotr

Dailymoslem – Di bulan Ramadhan, selain buka bersama ada juga momen lain yang biasanya dimanfaatkan orang untuk brekumpul, yaitu sahur on the road.

Acara sahur on the road ini biasanya diadakan di jalan-jalan dengan tujuan memberikan sahur pada pengemis yang tersebar di jalanan, biasanya diadakan oleh komunitas atau perkumpulan tertentu yang sahur dengan berkeliling sambil membagikan makanan.

Maksud dari acara ini juga sebenarnya baik, karena memiliki tujuan untuk berbagi makanan sahur pada orang yang tidak mampu. Namun, ajang ini seringkali disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kebut-kebutan karena sepinya jalanan di saat sahur.

(Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Tak Cepat Lemas)

Esensi dari sahur sendiri adalah untuk memberi tubuh asupan nutrisi agar kita memiliki cukup energi untuk berpuasa.

Dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (Muttafaqun ‘alaih)

Ada keberkahan dalam sahur, apalagi jika kita melakukannya sambil berbagi pada sesama.

Di satu sisi, sahur on the road bisa menjadi ajang untuk bersedekah dan beramal di bulan suci Ramadhan ini. Namun, di sisi lain bersedekah melalui sahur on the road ini juga dirasa kurang efektif. Pasalnya, kita bersedekah atau memberi makan sahur pada para pengemis di jalanan yang sebenarnya tidak diinginkan oleh Dinas Tata Kota. Pemberian sedekah ini dirasa kurang tepat sasaran dan akan lebih tepat sasaran jika kita alokasikan ke masjid atau yayasan yatim piatu dan sejenisnya.

(Baca juga: Tidur Lagi Setelah Sahur Ternyata Berbahaya)

Selain itu, sahur on the road juga bisa jadi mengurangi waktu tidur kita karena untuk bisa sahur berkeliling, kita mungkin harus menyiapkannya sejak malam. Padahal mungkin keesokan harinya kita masih harus punya cukup energi untuk beraktivitas.

Nah, itulah kira-kira beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan sahur on the road menurut penulis.

Kalau menurut kamu, bagaimana?

(Visited 316 times, 1 visits today)