Sadar Bahaya Sampah ELektronik Anak SMP Gagas Drop Box E-Waste

142 views Leave a comment
Sadar Bahaya Sampah ELektronik Anak SMP Gagas Drop Box E-Waste

Dailymoslem – Barang elektronik seperti smartphone, televisi, laptop dan lain sebagainya memang sudah menjadi hal biasa di Indonesia. Bakan menuurt sebuah riset, setiap orang bisa memiliki 8 buah gadget. Itu berarti satu rumah kurang lebih memiliki 80 gadget. Bisa dibayangkan akan banyak sekali sampah elektronik yang dihasilkan oleh Indonesia. Apalagi, karakter orang Indonesia termasuk konsumtif yang dapat membeli gadget baru meskipun gadget sebelumnya belu rusak sama sekali.

Prihatin terhadap hal ini, seorang remaja lelaki asal Jakarta mengusung drop box e-waste yang nantinya digunakan untuk menampung sampah elektronik yang sudah tidak bisa dipakai lagi.

Kalian punya sampah elektronik jangan dibuang di tempat sampah biasa. Charger, taruh di sini (drop box e-waste), paling berbahaya adalah baterai, ada yang nyimpen baterai? Itu mengandung merkuri, bahaya banget racunnnya di baterai. Dampaknya bahaya, sebaiknya dibuang ke e-waste box,” papar Rafa Jafar seperti dikutip dari detik.com.

Nantinya drop box e-waste ini akan dikirim ke perusahaan yang khusus mengolah limbah elektronik, PT TESS-AMM Indonesia. Rafa Jafar dan sang Ibunda mengatakan jika ini merupakan proyek sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah elektronik secara sembarangan.
Ini gerakan sosial, tujuannya raising awareness atau penyadaran masyarakat, itu dulu saja. Karena selama ini masyarakat kurang aware terhadap sampah elektronik,” timpal Farah.

Bagi kamu yang ingin ikut serta membuang sampah pada drop box e-waste ini, silahkan kunjungi www.ewasterj.com dan twitter @ewasteRJ. Semangat ubah dunia dengan langkah kecil!

Baca juga:

Aplikasi Timer Otomatis Agar Anak Tidak Bablas Main Gadget

Aplikasi Yang Dapat Bantu Para Orang Tua Kontrol Gadget Anak

Waspada 5 Penyakit Yang Timbul Karena Terlalu Banyak Main Gadget Berikut Ini

 

(Visited 141 times, 1 visits today)