Rutin Olahraga Jalan Cepat Bisa Perpanjang Usia Hingga 7 Tahun

115 views Leave a comment
Rutin Olahraga Jalan Cepat Bisa Perpanjang Usia Hingga 7 Tahun

Dailymoslem – Para peneliti dari Saarland University di Jerman menemukan bahwa olahraga dapat menunda penuaan, dan berjalan cepat selama 25 menit setiap hari dapat memperpanjang usia dari 3 hingga 7 tahun, dilansir dari IndiaTimes, Rabu (16/12).

Para peneliti juga menemukan bahwa olahraga aerobik dengan intensitas yang tinggi dan latihan yang melatih kekuatan otot dapat menunda penuaan. Penelitian ini melibatkan pria dan wanita berusia antara 30 hingga 60 yang tidak pernah berolahraga sebelumnya tapi menjalani hidup sehat dan tidak merokok.

Peneliti melacak tanda penuaan para peserta melalui sample darah. Hanya dengan 6 bulan berolahraga, DNA ternyata dapat memperbaiki dirinya sendiri dan proses penuaan mulai melambat. Para peneliti juga merekomendasikan pada mereka yang berusia 70 tahun untuk memperlambat penuaan dan menyehatkan jantung dengan cara berolahraga jalan kaki secara teratur.

Sedangkan mereka yang berusia 50 hingga 60 tahun bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen dengan olahraga ini.

Olahraga jalan cepat juga disarankan bagi mereka yang memiliki masalah jantung. Bukan berlari atau jogging, tapi melangkah seperti berjalan kaki dengan langkah yang cepat. Selama berjalan kita juga bisa sambil mengobrol, tapi tidak disarankan sambil bernyanyi. Tidak penting jika sebelumnya Anda tidak pernah berolahraga. Yang terpenting adalah memulainya sekarang.

(Visited 136 times, 1 visits today)