Rute Hijrah Rasulullah Ke Madinah Akhirnya Ditemukan!

3899 views

Dailymoslem – Seorang ahli geografi dari Arab Saudi, Dr Abdullah Alkadi menemukan rute hijrah Rasulullah Sallallau Alayhi wa Sallam. Pada bulan Juni tahun 622 Masehi, Nabi Muhammad dan pengikutnya bermigrasi dari Mekkah ke Madinah untuk menghindari penganiayaan yang semakin menjadi.

Dr Abdullah Alkadi dan seorang temannya, Peter Sender yang berprofesi sebagai seorang fotografer mencoba menemukan rute akurat yang dilewati oleh Nabi Muhammad dan pengikutnya. Ia menggunakan teknologi GPS dan GIS untuk melacak rute dan meningkatkan tingkat keakurasiannya. Alkadi termotivasi untuk mencari tahu seperti apa kondisi perjalanan hijrah sebenarnya yang dilakukan oleh Rasulullah. Alkadi yakin bahwa perjalanan tersebut tidak akan mudah. Apalagi pada masa lalu tidak ada teknologi canggih seperti sekarang.

“Satu hal yang paling penting dalam menemukan rute yang tepat adalah menemukan asal yang tepat” Ungkap Alkadi seperti dikutip dari geographical.co.uk. Dalam perjalanannya menemukan rute tersebut, Alkadi harus mencari orang asli dari tempat itu. Orang yang memang tinggal dan lahir di area tersebut. Seseorang yang tinggal dan lahir disana, akan memudahkan Alkadi ketika ia membutuhkan informasi tentang landmark atau lembah maka orang tersebut dapat dengan tepat menunjukan lokasinya.

Semakin tua, maka informasi yang didapatkan akan semakin bagus dan terpercaya. Setidaknya, informasi yang mereka miliki akan lebih banyak dan tidak terpengaruh oleh teknologi dan hal lain yang lebih modern.

Selama pencarian, Alkadi menemukan bangunan, pemukiman, kaligrafi dan gambar-gambar pada beberapa batu. Ia berpendapat bahwa, saat orang melakukan di zaman dahulu melakukan sebuah perjalanan maka, merka akan mencoba untuk menandai keberadaan mereka dengan menggambar atau menulis sesuatu pada media yang keras dan bertahan lama. Dan kini tulisan atau gambar tersebut dapat di telusuri asal muasalnya.

Penemuan lain Alkadi yang paling signifikan adalah sebuah tonggak kuno. Ia menemukan tonggak tersebut saat dirinya berjalan di jalur yang tidak tepat. Tonggak tersebut membantunya kembali pada rute yang benar. Membandingkan betuk dengan contoh lain dari masyarakat milestone di Cardiff, Alkadi berpendapat bahwa ide tonggak tersebut sama hal nya dengan orang-orang Yunani. Alkadi berteori bahwa, semua manusia hampir memiliki kebiasaan bekerja yang sama sehingga memiliki hal-hal yang hampir sama sampai era mesin diperkenalkan.

Rute Hijrah Rasulullah Dari Mekkah ke Madinah

Picture 1 of 4

Rute perjalanan hijrah Rasulullah Shallallahu Alayhi wa Salam, diabadikan oleh jeperetan foto seorang fotografer yang menemani Alkadi dalam perjalanan tersebut. Banyak orang yang menggaap bahwa Alkadi gila, sehingga melakukan hal aneh seperti itu. Namun, tekadnya untuk mencari tahu sesulit apa perjalana Rasulullah dalam mencari keamanan di Madinah tetap kukuh. Rute perjalaan tersebut tidak mudah, dan banyak bahaya yag mendatang. “Ada tempat-tempat dimana kita bisa tersesat atau dimana ular mendatangi kaki saya, atau srigala dan rubah berdatangan” tutur Alkadi.

(Visited 1,115 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]