Rupiah Menguat, Dollar Turun Hingga Rp. 13.800

197 views Leave a comment
Rupiah Menguat, Dollar Turun Hingga Rp. 13.800

Dailymoslem – Beberapa waktu lalu, Rupiah sempat melemah hingga hampir menembus angka 15.000 yang ditakutkan seluruh masyarakat Indonesia. Namun, dalam tiga hari belakangan ini rupiah menunjukkan kemajuan yang berarti.

Kenaikan selama tiga hari berturut-turut ini kenaikan rupiah diperkirakan sekitar 5,63 persen. Pada Rabu (7/10) kemarin, nilai rupiah terhadap dollar di pasar spot tercatat sebesar Rp. 13.821 per dollar Amerika Serikat. Angka ini merupakan angka terkuat rupiah selama dua bulan belakangan, dilansir dari kompas.com.

Menurut Reny Eka Putri, analis pasar uang Bank Mandiri, menguatnya Rupiah di tiga hari terakhir ini merupakn berkat nilai Dollar Amerika Serikat yang sedang melemah.

Selain itu, Goldman Sachs juga memprediksikan bahwa kenaikan suku bung AS bisa tertunda hingga tahun 2016 mendatang. Dalam kondisi ini, para pelaku pasar akan mengambil keuntungan dengan melepas Dollar yang menurut Renny akan menguntungkan bagi mata uang Asia termasuk Rupiah.

Meski begitu, Trian Fathria selaku Research and Analyst Divisi Treasury Bank Negara Indonesia mengingatkan untuk tidak terlalu santai dengan kondisi ini, karena penyokong menguatnya Rupiah saat ini masih bersifat sentimen sesaat dan bukan fundamental.

“Rupiah masih rawan koreksi jika The Fed menaikkan suku bunga,” tuturnya, dilansir dari kompas.com. Namun, sentimen jangka pendek ini diperkirakan bisa menguatkan Rupiah hingga 13.500.

(Visited 171 times, 1 visits today)