Rupiah Kian Melemah, Akankah Tembus Rp. 15.000?

180 views Leave a comment
Rupiah Kian Melemah, Akankah Tembus Rp. 15.000?

Dailymoslem – Beberapa waktu lalu, perekonomian Indonesia digoyahkan dengan nilai Rupiah yang mencapai nilai terrendah sepanjang sejarah, yaitu Rp. 14.000 per dollar AS.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menguatkan otot-otot rupiah, misalnya upaya Bank Indonesia yang mengguyur pasar dengan intervensi, hingga mewajibkan pengusaha menggunakan Rupiah untuk transaksi di dalam negeri sejak 1 Juli.

Namun, krisis masih terus berlanjut hingga Rupiah menembus angka 14.693 per dollar AS pada Jum’at (25/09) kemarin. Melewati angka Rp. 14.500, masyarakat dan pemerintah mulai khawatir Rupiah akan menembus angka psikologis baru, yaitu Rp. 15.000.

Untuk mengatasi krisis tak bekesudahan ini, pemerintah berencana untuk memberikan insentif kepada eksportir berupa pemotongan tarif pajak atas bunga deposito bagi eksportir yang mau menyimpan devisa hasil eksportnya di bank dalam negeri.

Menurut Rully Arya Wisnubroto, Analis Pasar Uang PT Bank Mandiri Tbk, berbagai kebijakan pemerintah, BI dan OJK untuk menguatkan rupiah baru akan efektif setidaknya di tahun 2016 mendatang.

“Jika terealisasi, kebijakan itu efektif paling cepat enam bulan hingga 12 bulan lagi,” ujar Rully, dilansir dari berita24h.com.

(Visited 1,035 times, 10 visits today)