Ridwan Kamil Mewakili 42 Negara Islam Untuk Menyatakan Deklarasi Media For World Harmony

3081 views Leave a comment
Ridwan Kamil Mewakili 42 Negara Islam Untuk Menyatakan Deklarasi Media For World Harmony

Dailymoslem – Saat ini dengan teknologi yang sudah canggih, memudahkan kita untuk mendapatkan berita real time dari seluruh penjuru dunia. Sayangnya ada saja yang mempergunakan kemudahan ini untuk sesuatu yang tidak baik. Menyebarkan berita hoax misalnya.

Padahal berita hoax dapat mengakibatkan banyak sekali masalah, salah satunya adalah perpecahan antara masyarakat. Apalagi jika sudah menyangkut hal-hal berbau politik. Sudah pasti runyam urusannya.

Sadar akan mudahnya penyebaran berita hoax, saat ini sudah banyak konsen untuk menanggulanginya. Salah satunya dengan membuat fanpage yang berguna sebagai media tanya jawab mengenai berita yang disinyalir sebagai hoax. Namun, tetap saja masih banyak masyarakat yang main membagikan kabar-kabar tak jelas yang diterimanya.

Untuk hal ini, Walikota Bandung-Ridwan Kamil-menyerukan Bandung Hantam hoax demi memerangi berita abal-abal yang menyesatkan. Lelaki yang akrab di panggil Kang Emil ini pun membacakan deklarasi ‘Media for World Harmony’ From Bandung to The World yang berisi 5 hal.

1. Humanity
Humanity is a universal value that can become a foundation of world harmony. The media has become an important means of delivering humanitarian messages.

2. Responsibility
The media is responsible for every message that it delivers because every message can have an impact, whether good or bad.

3. Friendship
The media is a means to strengthen friendships, not the other way around.

4. Enlightenment
Through the messages and news that they publish/broadcast, media should offer enlightenment, hope and positive values, and encourage people to be better.

5. Harmony
The media safeguards values that promote harmony.

Bahasa Indonesia:
1. Humanity
Kemanusiaan merupakan nilai universal yang menjadi landasan. Media menjadi sarana penting untuk mengabarkan pesan kemanusiaan.

2. Responsibility
Media bertanggung jawab atas setiap pesan yang disampaikan, karena setiap pesan dapat menimbulkan akibat; baik maupun buruk.

3. Friendship
Media adalah alat untuk mempererat rasa persaudaraan, bukan sebaliknya.

4. Enlightment
Melalui pesan dan kabar yang disiarkan, media seyogyanya memberikan pencerahan, harapan, nilai-nilai positif dan mendorong orang menjadi lebih baik.

5. Harmony
Media menjaga nilai-nilai untuk mewujudkan keserasian, kerukunan dan keselarasan.

Deklarasi ini dibacakan pada Konferensi Internasional dan Pertemuan Tahunan ke-5 OIC Broadcasting Regulation Authorities Forum (IBRAF) di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Rabu (22/2/17) kemarin.

ridwan kamil hantam hoax

“Mewakili 42 negara Islam sedunia, saya membacakan Deklarasi Bandung tentang “Media for World Harmony” di 5th IBRAF Meeting” tulis Ridwan Kamil dalam sebuah unggahan instagramnya.

Ia menyebutkan bahwa negara-negara tersebut telah sepakat untuk menolak berita-berita hoax yang merusak tatanan masyarakat sosial dan juga perdamaian dunia.

Sebagai perwakilan Bandung untuk dunia ia berpesan kepada media dunia untuk lebih peduli dan mementingkan kedamaian masyarakat dunia yang terangkum pada 5 poin deklarasi.

“Pesan Bandung agar media dunia lebih peduli dan lebih intens menebarkan 5 nilai positif yaitu: Humanity (Kemanusiaan), Responsibility (Tanggungjawab), Friendship (Persahabatan), Enlightenment (Pencerahan) dan Harmony (Keharmonisan).” katanya.

Ia juga berkelakar mengenai poin perjodohan yang ternyata ditolak dimasukan kedalam deklarasi.

“Tadinya mau ditambahin perbanyak pesan ‘perjodohan’ (matchmaking) tapi ditolak.” kelakarnya.

 

(Visited 1 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]