Ridwan Kamil: Harga Rp. 200 Terlalu Murah untuk Kantong Plastik Berbayar

90 views Leave a comment
Ridwan Kamil: Harga Rp. 200 Terlalu Murah untuk Kantong Plastik Berbayar

Dailymoslem – Problematika plastik berbayar tengah menjadi sorotan beberapa waktu belakangan ini. Setelah seorang netizen yang memprotes kebijakan ini, walikota Bandung Ridwan Kamil justru merasa harga kantong plastik yang saat ini sudah diberlakukan masih terlalu murah.

“Saya enggak senang harga Rp 200 tapi kemarin kan kesepakatan dites dulu sampai bulan Juni, kalau ngefeknya lumayan, kita naikin semahal-mahalnya. Sehingga suatu hari tren di Bandung dan kota-kota lain adalah kalau belanja bawa tas sendiri,” ujarnya.

Ditanya mengenai harga yang pas untuk kantong plastik tersebut, ia mengaku sependapat dengan Ahok yang mengusulkan angka Rp. 5.000 per kantong plastik.

“Hampir setuju tapi saya mah setengahnya yah. Kaya kira bayar parkir Rp 2.000 masih rada value. Mungkin segituan,” tuturnya.

Selain itu, Emil juga berpendapat yang terpenting bukanlah plastik berbayarnya, namun melatih masyarakat untuk membiasakan diri lepas dari kantong plastik.

“Tapi bagi saya yang pentingnya itu bukan plastik berbayarnya, tapi melatih budaya baru seperti nenek kita kalau pergi belanja bawa tas sendiri. Kalau kepepet enggak bawa tas sendiri, baru bayar,” imbuh Emil.

(Visited 91 times, 1 visits today)