Rayakan Idul Adha, Hati-Hati Makanan Tinggi Kolesterol

252 views Leave a comment
Rayakan Idul Adha, Hati-Hati Makanan Tinggi Kolesterol

Dailymoslem – Di hari perayaan Idul Adha, makanan berbahan dasar daging yang dimasak dengan berbagai bumbu dan resep biasanya menghiasi meja makan. Mulai dari sate, gulai, opor, dan makanan olahan daging lainnya sudah pasti banyak di konsumsi di hari ini.

Tak jauh beda dengan Idul Fitri, Idul Adha juga selalu identik dengan makanan-makanan kaya santan dan minyak yang menggoda untuk disantap. Terlebih lagi, di hari Idul Adha biasanya juga kita menikmati jatah daging kurban yang kadang-kadang adalah daging kambing, daging yang konon bisa menyebabkan darah tinggi dan kolesterol.

Nah, bagaimana caranya agar santapan Idul Adha tidak menjadi bumerang bagi kesehatan kita?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghalau kolesterol dan darah tinggi setelah mengonsumsi daging dan makanan-makanan berlemak.

Pertama, kita bisa mengganti penggunaan minyak goreng dalam proses memasak dengan menggunakan minyak yang terbuat dari tanaman seperti minyak kanola, minyak bunga matahari dan minyak zaitun.

Kedua, kita juga bisa mengatasi kolesterol dengan cara mengimbangi konsumsi daging-dagingan dengan makanan lain yang dapat mengurangi kolesterol seperti kacang-kacangan, atau buah-buahan seperti apel, stroberi, jeruk atau alpukat. Selain itu, produk olahan dari kedelai seperti tahu dan tempe juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Ketiga, jika anda banyak mengonsumsi makanan olahan daging yang sudah tinggi lemak, hindari mengonsumsi makanan lain yang juga bisa semakin meningkatkan kolesterol seperti kue-kue yang banyak mengandung margarin dan susu.

Keempat, jika anda tetap ingin makan daging tapi tetap aman dari kolesterol, masaklah daging dengan cara direbus atau dikukus.

Kelima, perbanyak minum air putih.

Lalu, bagaimana dengan konsumsi daging kambing yang konon bisa menyebabkan darah tinggi?

Sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi daging kambing jika anda memiliki riwayat darah tinggi. Cukup makan sedikit saja asalkan bisa mencicipi. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang juga membuktikan bahwa daging kambing tidak menyebabkan darah tinggi. Benarkah? Baca info lengkapnya di sini.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengimbangi konsumsi makanan tinggi kolesterol di Hari Raya Idul Adha. Selamat Hari Raya Idul Adha!

(Visited 240 times, 1 visits today)